KESALAHAN PENULISAN PADA KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS V MIS MAMBA’UL HUDA NGABAR, PONOROGO

Saputra, Aditya Bayu (2023) KESALAHAN PENULISAN PADA KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS V MIS MAMBA’UL HUDA NGABAR, PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190122_Aditya Bayu Saputra_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Saputra, Aditya Bayu. Analisis Kesalahan Penulisan pada Karangan Peserta Didik Kelas V MIS Mamba’ul Huda Ngabar, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Farida Yufarlina Rosita, M.Pd.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Huruf, Tanda Baca, Karangan
Materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang ada di Madrasah Ibtidaiyah yaitu pembelajaran keterampilan menulis. Dalam kegiatan menulis, peserta didik harus bisa menyusun gagasan dengan baik sehingga menjadi sebuah cerita yang menarik, serta mengikuti aturan tata bahasa yang berlaku. Peserta didik harus mampu menggunakan tata bahasa yang tepat dalam membuat kalimat saat menulis karangan. Pemahaman tentang tata bahasa sangat penting dalam menulis karangan. Peserta didik masih banyak mengalami kesulitan dalam menulis karangan, termasuk kesalahan penulisan huruf kapital, huruf miring dan tanda baca.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dalam penulisan huruf kapital, huruf miring dan penggunaan tanda baca pada karangan narasi yang dibuat oleh peserta didik kelas V MIS Mamba’ul Huda Ngabar.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk istilah tertulis atau lisan. Pengambilan data dilakukan melalui dokumentasi. Data dokumentasi berupa karangan narasi peserta didik kelas V di MIS Mamba’ul Huda Ngabar. Data diproleh dengan cara mengkaji dan mengklasifikasikan kesalahan penulisan huruf kapital, huruf miring dan tanda baca. Hasil pengkajian kemudian dianalisis menggunakan analisis kesalahan.
Berdasarkan hasil analisis data, terdapat 225 kesalahan penulisan huruf, meliputi 220 kesalahan penulisan huruf kapital dan 5 kesalahan penulisan huruf miring. Sementara itu, 197 kesalahan penulisan tanda baca, meliputi 78 kesalahan penulisan tanda titik, 100 kesalahan penulisan tanda koma, 15 kesalahan penulisan tanda hubung, 3 kesalahan penulisan tanda seru, dan 1 kesalahan penulisan tanda petik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:22
Last Modified: 12 Sep 2023 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25493

Actions (login required)

View Item View Item