Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Kelompok A Melalui Metode Bermain Konstruktif di TK Aisyiyah Purwokerto Srengat Blitar

Hartiyaningsih, Dewi Oktavia (2023) Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Kelompok A Melalui Metode Bermain Konstruktif di TK Aisyiyah Purwokerto Srengat Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi_Dewi Oktavia Hartiyaningsih.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang baru lahir sampai dengan usia 6 tahun. Pada usia dini sering disebut sebagai usia emas (golden age). Pendidikan diperlukan selama masa emas ini. Salah satu kebutuhan pendidikan anak usia dini adalah perkembangan kognitif berpikir simbolik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perkembangan kognitif berpikir simbolik pada anak adalah dengan metode bermain konstruktif. Secara umum kemampuan kognitif anak untuk berpikir simbolik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Purwokerto Blitar sudah berkembang sangat baik (BSB), namun beberapa anak masih perlu ditingkatkan lagi perkembangan kognitif berpikir simboliknya melalui metode bermain konstruktif.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menjelaskan penerapan metode bermain konstruktif di TK Aisyiyah Purwokerto Blitar untuk meningkatkan perkembangan kognitif berpikir simbolik pada anak kelompok A; 2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif berpikir simbolik anak kelompok A di TK Aisyiyah Purwokerto Blitar; 3) mendeskripsikan capaian perkembangan kognitif berpikir simbolik setelah guru menerapkan metode bermain konstruktif di TK Aisyiyah Purwokerto Blitar. Penelitian dengan jenis studi kasus digunakan sebagai pendekatan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Mengenai analisis data menurut konsep Milles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir simbolik anak kelas A bisa meningkat dikarenakan penerapan metode konstrukif secara bertahap dan berpedoman pada RPPH yang sudah dibuat. Peningkatannya terlihat saat anak selesai bermain dan membongkar bangunan yang sudah selesai dibuatnya dan mengembalikan balok ke tempat semula dengan menyebut angka dan berhitung secara benar dan runtut. 2) faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif berpikir simbolik anak kelompok A di TK Aisyiyah Purwokerto Blitar ini disebabkan oleh dua faktor yang menonjol yaitu faktor lingkungan dan faktor kematangan karena usia anak. 3) capaian perkembangan anak bisa dilihat dari penerapan langkah-langkah bermain konstruktif balok yang terakhir yaitu saat anak mulai bermain. Dengan berpedoman pada 4 indikator capaian yang tertera pada STPPA, capaian yang pertama dan kedua terlihat pada tahap anak mengembalikan balok pada tempatnya dengan berhitung 1-10 dengan benar dan secara tidak langsung anak mengenal salah satu konsep bilangan yaitu berhitung. capaian yang ketiga dan keempat terlihat pada tahap anak membongkar bangunan dengan menunjukkan sekaligus menyebutkan angka dengan benar, secara tidak langsung anak memahami perbedaan antara bilangan angka dan huruf abjad.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:20
Last Modified: 12 Sep 2023 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25492

Actions (login required)

View Item View Item