Peran Organisasi Ipnu-Ippnu Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Dan Bertanggung Jawab Pada Siswa Di MA AL-Azhar Sampung Ponorogo

Putra, Muhammad Dicky Anggara (2023) Peran Organisasi Ipnu-Ippnu Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Dan Bertanggung Jawab Pada Siswa Di MA AL-Azhar Sampung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190418_MUHAMMAD DICKY ANGGARA PUTRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putra, Muhammad Dicky Anggara 2023. Peran Organisasi IPNU-IPPNU dalam Membentuk Karakter Percaya Diri dan Bertanggung Jawab pada Siswa MA Al-Azhar Sampung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis, Ph.D.
Kata Kunci: IPNU-IPPNU, Karakter Percaya diri, Karakter Bertanggung Jawab
Karakter percaya diri dan bertanggung jawab merupakan dua karakter yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Dengan karakter percaya diri dan bertanggung jawab akan menjadikan seseorang menjadi individu yang dapat menjalani kehidupanya dengan rasa percaya diri ketika mengambil suatu tindakan dan berani untuk bertanggung jawab atas tindakan yang telah dilakukanya. Mempertimbangkan pentingya karakter percaya diri dan tanggung jawab bagi kehidupan indovidu sejak usia muda maka IPNU-IPPNU MA Al-Azhar mengimplementasikan dalam program-program kerjanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Program kerja IPNU-IPPNU di MA Al-Azhar Sampung Ponorogo, (2) Organisasi IPNU-IPPNU melaksanakan program kerjanya dalam memebentuk karakter percaya diri dan bertanggung jawab siswa di MA. Al-Azhar Sampung Ponorogo dan (3) Dampak pelaksanaan program organisasi IPNU-IPPNU terhadap karakter percaya diri dan bertanggung jawab pada siswa MA. Al- Azhar Sampung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) Adanya serangkaian program kerja IPNU-IPPNU yang bisa digunakanakan untuk membentuk karakter percaya diri dan bertanggung jawab siswa, (2) Pelaksanaan program kerja yang sudah sesuai dengan fungsi manajemen kegiatan yaitu POACE (Planning,Organizing,Actuating, Controlling dan Evaluaiting), dan (3) Terjadinya perubahan karakter siswa setelah mengikuti kegiatan IPNU-IPPNU yang awal mulanya tidak berani tampil di depan menjadi berani untuk tampil di depan. Selain itu mampu untuk bertanggung jawab terhadap kepercayaan yang sudah diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:33
Last Modified: 11 Sep 2023 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25485

Actions (login required)

View Item View Item