PENERAPAN CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) BERBASIS EKONOMI ISLAM STUDI KASUS PADA UMKM PASAR BESAR NGAWI

Nalini, Siti Nuzul Laili (2023) PENERAPAN CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) BERBASIS EKONOMI ISLAM STUDI KASUS PADA UMKM PASAR BESAR NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190190_Siti Nuzul Laila Nalini_Ekonomi Syariah (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) dan Ekonomi Islam memiliki keterkaitan yang erat karena keduanya menekankan pentingnya tanggung jawab sosial perusahaan dalam mencapai tujuan ekonomi dan sosial yang lebih besar.
Dalam konteks ekonomi Islam, konsep CSR dapat diterjemahkan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan atau "maslahah" dalam menciptakan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Dalam perspektif ekonomi Islam, CSR dapat menjadi instrumen penting untuk mewujudkan tujuan ekonomi yang berkelanjutan dan adil. Salah satu tujuan utama ekonomi Islam adalah menciptakan keseimbangan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi dan dampak dari penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) di UMKM Pasar Besar Ngawi berbasis Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif (field research).
Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan
CSR (Corporate Social Responsibility) berbasis Ekonomi Islam di UMKM Pasar Besar Ngawi, 2) Apa dampak penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) berbasis Ekonomi Islam di UMKM Pasar Besar Ngawi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Pelaksanaan tanggung jawab sosial di UMKM Pasar Besar Ngawi pada berupa, a. Bidang Pendidikan meliputi, memberikan bantuan berupa buku dan seragam bagi siswa yang kurang mampu, memberikan fasilitas media pembelajaran seperti LCD proyektor, lab IPA, mengadakan lomba menggambar untuk anak-anak b. bidang kesehatan meliputi, pengobatan gratis, pemberian alat kesehatan, donasi darah, pelatihan kesehatan, program vaksinasi, c. bidang ekonomi meliputi, pelatihan dan pendampingan usaha, pemberian modal usaha, penyediaan sarana dan prasarana, promosi produk, pemberdayaan masyarakat sekitar, d. bidang lingkungan meliputi, peningkatan kesadaran lingkungan, program daur ulang, penanaman pohon, mengurangi penggunaan plasti, dan pengelolaan sampah, 2. Dampak penerapan CSR UMKM Pasar Besar Ngawi, a. Dampak Intern, meliputi; meningkatnya citra dan reputasi perusahaan dan meningkatnya kepuasan dan loyalitas pelanggan, b. Dampak Ekstern, meliputi: meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar dan meningkatnya kesadaran sosial dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:31
Last Modified: 11 Sep 2023 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25482

Actions (login required)

View Item View Item