...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Komparasi Keaktifan Belajar Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Index Card Match dan Tanya Jawab Pada Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun

Rohmatika, Laily Bahru (2023) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Komparasi Keaktifan Belajar Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Index Card Match dan Tanya Jawab Pada Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
A5_Skripsi_201190128_Laily Bahru Rohmatika.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keaktifan belajar siswa merupakan salah satu unsur dasar yang penting
dalam keberhasilan proses pembelajaran. Namun, meskipun demikian berdasarkan
wawancara dengan guru Akidah Akhlak kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan,
bahwa dalam proses pembelajaran hampir 50% siswa yang tidak aktif dalam kelas
seperti suka mengobrol sendiri dengan temannya pada saat diskusi, ramai, bahkan
ada yang tidur didalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu
faktor yang mempengaruhinya adalah variasi metode pembelajaran. Pada penelitian
ini, metode index card match di uji cobakan pada siswa kelas VIII untuk
dibandingkan keaktifannya dengan metode yang sudah sering kali diterapkan pada
pembelajaran Akidah Akhlak, yaitu metode tanya jawab.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui keaktifan
belajar Akidah Akhlak dengan menggunakan metode pembelajaran index card
match pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun. (2) mengetahui
keaktifan belajar Akidah Akhlak dengan menggunakan metode pembelajaran tanya
jawab pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun. (3) mengetahui
signifikansi perbedaan kekatifan belajar Akidah Akhlak antara diterapkannya
metode pembelajaran index card match dan tanya jawab pada siswa kelas VIII MTs
Miftahul Ulum Kradinan Madiun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif ekperimen, dengan populasi
berjumlah 56 siswa dan menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik
pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) keaktifan
belajar Akidah Akhlak dengan menggunakan metode pembelajaran index card
match pada siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan masuk dalam kategori
sedang dengan prosentase 68%. (2) keaktifan belajar Akidah Akhlak dengan
menggunakan metode pembelajaran tanya jawab pada siswa kelas VIII MTs
Miftahul Ulum Kradinan masuk dalam kategori sedang dengan prosentase 82%. (3)
untuk keaktifan belajar Akidah Akhlak terdapat perbedaan yang signifikan antara
diterapkannya metode pembelajaran index card match dan tanya jawab pada siswa
kelas VIII MTs Miftahul Ulum Kradinan Jika dilihat dari hasil analisis data uji
sampel t test, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Index Card
Match leb

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:42
Last Modified: 05 Sep 2023 03:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25475

Actions (login required)

View Item View Item