...(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TERLIHAT JELAS, UPLOAD ULANG)...Strategi Bisnis Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri Dalam Membangun Keunggulan Bersaing di Era Digital Banking

Putri, Anindha Ilham Innaha Mertya (2023) ...(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TERLIHAT JELAS, UPLOAD ULANG)...Strategi Bisnis Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri Dalam Membangun Keunggulan Bersaing di Era Digital Banking. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Putri, Anindha Ilham Innaha Mertya (2023).pdf

Download (1MB)

Abstract

Putri, Anindha Ilham Innaha Mertya. Strategi Bisnis Bank Muamalat Kantor Cabang Utama Kediri Dalam Membangun Keunggulan Bersaing di Era Digital Banking. Skripsi. 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. H.Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata Kunci : Strategi Bisnis, Keunggulan Bersaing, Era Digital Banking.
Strategi bisnis digunakan sebagai sarana menentukan arah suatu perusahaan dan alat dalam mewujudkan tujuan serta impian agar kompetitif di industri sejenisnya. Sejalan dengan cepatnya pertumbuhan lembaga keuangan pada masa kini, dan diiringi pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan tingginya tingkat persaingan bisnis antar bank satu dengan yang lain. Bank Muamalat KCU Kediri merupakan lembaga keuangan berbasis syariah yang terletak di tengah Kota Kediri sehingga lokasinya sangat dekat dengan lembaga keuangan lain seperti Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, dan Bank Rakyat Indonesia hal ini menyebabkan persaingan antar bank sangat tinggi. Fenomena ini mewajibkan setiap lembaga keuangan untuk menerapkan strategi bisnis yang tepat guna mempertahankan dan mengembangkan unit bisnisnya agar tidak kalah dari pesaing pada industri sejenis sehingga mampu membangun keunggulan bersaingnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, kemudian dianalisis metode deduktif, dengan tujuan penelitian yaitu menganalisis strategi membangun keunggulan bisnis yang digunakan Bank Muamalat KCU Kediri dan mengetahui dampak yang ditimbulkan dari strategi membangun keunggulan bisnis terhadap perkembangan bisnis Bank Muamalat KCU Kediri.
Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi bisnis yang diterapkan Bank Muamalat KCU dalam membangun keunggulan bersaing di era digital banking yaitu strategi inovasi (Innovation Strategy) dan strategi peningkatan kualitas (Quality Enhancement Strategy). Namun strategi yang diterapkan Bank Muamalat KCU Kediri terhadap bisnis tersebut belum terlaksana secara maksimal karena terfokus pada masyarakat/nasabah dengan taraf ekonomi menengah ke atas sehingga tidak dapat menjangkau masyarakat secara menyeluruh, Bank Muamalat KCU Kediri juga tidak menerapkan strategi penurunan biaya (Cost Reduction Strategy).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:39
Last Modified: 05 Sep 2023 03:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25471

Actions (login required)

View Item View Item