...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Strategi Pembelajaran Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di RA Proklamasi Pulung Ponorogo

Rahma, Inne (2023) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Strategi Pembelajaran Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di RA Proklamasi Pulung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_STRATEGI PEMBELAJARAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA POKLAMASI PULUNG PONOROGO_INNE RAHMA_205190014.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Rahma, Inne. 2023. Strategi Pembelajaran Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 di RA Proklamasi Pulung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Safiruddin Al Baqi, MA

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kemampuan Berhitung, Kartu Angka, Anak Usia Dini.

Meningkatkan kemampuan berhitung dengan kartu angka melalui strategi pembelajaran bermain pada RA Proklamasi Pulung sangat diperlukan, mengingat kegiatan berhitung yang dianggap oleh anak-anak adalah kegiatan yang membosankan dan susah kepada guru. oleh karena itu dibutuhkan usaha yang maksimal dalam menentukan strategi yang akan digunakan. Secara umum strategi adalah rencana tentang cara-cara penggunaan potensi dan sarana yang ada untuk meningkatkan efektivitas dari suatu sasaran kegiatan tersebut. Oleh karena itu diambil sebuah penelitian untuk melihat apakah strategi pembelajaran guru menggunakan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan kartu angk di RA Proklamasi Pulung, Untuk Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan berhitung anak di RA Proklamasi Pulung dan Untuk Mendeskripsikan capaian perkembangan berhitung menggunakan kartu angka di RA Proklamasi.
Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tenik model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduks data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Adapun hasilnya adalah Strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini menggunakan kartu angka yaitu melalui strategi pembelajaran bermain. adanya penggunaan kartu angka melalui strategi bermain agar dapat menarik minat anak untuk belajar berhitung dan menumbuhkan rasa senang pada diri anak sehingga anak tidak menyadari bahwa mereka sedang belajar. Kartu angka merupakan kegiatan pembelajaran yang berbentuk permainan. Permainan yang dipilih sebagai strategi pembelajaran agar anak selalu aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran di kelas. Faktor yang mempenaruhi kemampuan berhitung anak ada dua yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Capaian perkembangan Anak usia dini di RA Proklamasi Pulung yaitu anak sudah bisa mengurutkan dan menentukan angka bilangan sebelum maupun sesudah.sehingga pembelajaran dikelas dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:36
Last Modified: 05 Sep 2023 03:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25467

Actions (login required)

View Item View Item