MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 9 MAGETAN

Kurniawati, Rizki Nur Dwi (2023) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 9 MAGETAN. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO.

[img] Text
FULLTEXT3_RIZKI NUR DK_502210038.pdf

Download (1MB)

Abstract

MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 9 MAGETAN

ABSTRAK

Mutu pendidikan merupakan salah satu komponen pendting dalam dunia pendidikann yang harus menjadi perhatian dan harus selalu dikembangkan. Salah satu permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan. Permasalahan terhadap rendahnya mutu pendidikan dialami oleh semua jenjang pendidikan tak terkecuali pendidikan dasar di madrasah. Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi dengan penerapan manajemen strategik.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah kepala MIN 9 Magetan, waka kurikulum MIN 9 Magetan, waka kesiswaan MIN 9 Magetan, waka sarana dan prasarana MIN 9 Magetan, bendahara MIN 9 Magetan, perwakilan guru dan komite MIN 9 Magetan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatan ketekunan, pengecekan anggota, serta triangulasi (dengan sumber dan dengan metode)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen strategik yang diterapkan oleh MIN 9 Magetan dalam pengembangan mutu pendidikan di MIN 9 Magetan.
Temuan yang peneliti dapatkan dalam hal perencanaan strategi MIN 9 Magetan dalam pengembangan mutu pendidikan adalah dilakukan melalui mekanisme yang dimulai dari tahapan: (a). Penyusunan visi dan misi serta tujuan madrasah; dan (b). Analisis SWOT, serta (c) Penentuan tujuan madrasah, (d) perumusan strategi unggul.
Dalam hal implementasi strategi dalam pengembangan mutu pendidikan di MIN 9 Magetan dilakukan melalui (a). Peninjauan kurikulum dan pembelajaran, (b) program kerja bidang kesiswaan, (c) program kerja bidang sumber daya manusia dan humas, (d) program kerja bidang sarana dan prasarana, (e) program kerja bidang ketatausahaan, dan program kerja bidang keuangan.
Dalam hal evaluasi strategi dalam pengembangan mutu pendidikan di MIN 9 Magetan dilakukan melalui mekanisme monitoring setiap bulan dan evaluasi setiap semester terhadap pembelajaran, pengembangan sarana-prasarana pendidikan, serta pengembangan SDM nya. Kemudian dari hasil evaluasi tersebut dilaksanakan analisis tindak lanjut melalui pendekatan persuasif terhadap pendidik dan tenaga kependidikan guna adanya perbaikan secara terus menerus, khususnya pada aspek mutu pembelajaran dan peningkatan mutu SDM nya.

Kata Kunci: Manajemen Strategik, Pengembangan Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib dan M.Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:34
Last Modified: 05 Sep 2023 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25466

Actions (login required)

View Item View Item