Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Tahlil Hari Jum'at Pagi Di Mts Miftahul Ulum Kradinan Madiun

Rahmansyah, Arie (2023) Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Tahlil Hari Jum'at Pagi Di Mts Miftahul Ulum Kradinan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190327_ARIE RAHMANSYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rahmansyah, Arie. 2023. Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Tahlil Hari Jum'at Pagi di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis, S.Ag., M.Ag., Ph.D.
Kata Kunci: Karakter Religius, Nilai-Nilai Karaker Religius, dan Tahlil.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mnanamkan jiwa kepemimpinan pada siswa, serta melihat menurunya minat siswa dalam mengingat dan mendoakan para leluhur dengan begitu MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun, mengadakan kegiatan Tahlil Jum’at pagi guna meningkatkan Nilai-nilai karakter religius siswa, serta untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan siswa sebagai imam tahlil, dan membiasakan siswa untuk mengingat serta mendoakan para leluhur, dan menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tahap-tahap kegiatan tahlil pada hari Jum’at pagi dalam meningkatkan nilai-nilai Pendidikan karakter religius siswa di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun, (2 Mendeskripsikan nilai-nilai karakter religius yang terdapat pada kegiatan tahlil Jum’at pagi di MTs Mifatahul Ulum Kradinan Madiun, dan (3) mendeskripsikan Implikasi dari kegiatan tahlil Jum’at pagi di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi lapangan (field research). Adapun pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. untuk analisis penelitianya menggunakan teori Miles dan Hubermen yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini: (1) Tahap-tahap kegiatan pembiasaan tahlil yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kradinan Madiun, kegiatan tahlil di mulai pada pukul 07.00-08.00, di imami oleh siswa yang bertugas membaca di spiker kantor, serta yang lain membaca di kelas masing-masing dan di awasi oleh guru kelas masing-masing yang di ikuti oleh kelas 7 sampai kelas 9, bacaan yang di baca sesuai dengan yang di terapkan di lingkungan Nahdiyin Urut-urutanya sebagai berikut: membaca Surat Al- fatihah, surat al-Ikhlas, Surat al-Falaq, Surat an-Nas, Surat al-Baqarah ayat 1 sampai ayat 5, Surat al-Baqarah ayat 163, Surat al-Baqarah ayat 255, Istighfar, Tahlil, dan Tasbih, dan diakhiri dengan do’a untuk orang tua, dan masyarakat sekolah. (2) Nilai-nilai karakter religius yang terdapat pada siswa melalui kegiatan tahlil di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kradinan Madiun antara lain nilai ibadah, nilai jihad, nilai akhlak, nilai amanah, dan nilai Ikhlas. kegiatan yang menyertai pembiasaan tahlil Jum’at pagi yaitu sholat dhuha berjamaah di masjid. (3)Implikasi yang didapat siswa setelah diadakanya kegiatan pembiasaan tahlil di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kradinan Madiun mereka dapat mengikuti bacaan tahlil dengan lancar, dapat menjadi imam tahlil dan terbiasa mendoakan dan mengingat para leluhur mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:31
Last Modified: 05 Sep 2023 03:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25465

Actions (login required)

View Item View Item