Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Online Secara Dropshipping (Studi Kasus di Toko Online Syafa Onshop)

Yusuf, Eka Muhammad (2018) Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Online Secara Dropshipping (Studi Kasus di Toko Online Syafa Onshop). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
EKAMUHAMMADYUSUF_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Yusuf, Eka. 210213141. 2018. Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Online Secara Dropshipping (Studi Kasus di Toko Online Syafa Onshop). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Agus Purnomo, M.Ag.
Kata Kunci: Hukum Islam, Jual Beli Online, Dropshipping
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dropship adalah model jualan online, dan proses penjualan produk tanpa harus memiliki modal apapun di mana penjual tidak perlu mengurus pengiriman barang ke pembeli. Dengan begitu, bisnis ini tidak memerlukan modal dan penjual tidak perlu membeli barang terlebih dahulu untuk dijual, melainkan hanya menyediakan sarana pemasaran seperti di website, facebook, dan BBM di perangkat Blackberry. Setelah pembeli membayar item yang dibeli, penjual akan membayar harga dropshipper dan mengirim kepada pembeli. Dropshipper perusahaan akan mengirim produk kepada pelanggan langsung, dan selisih antara harga penjual dan harga dropshipper adalah keuntungan penjual.

Skripsi ini akan meneliti dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana analisis hukum Islam terhadap kedudukan dropshipper dengan pemilik barang, 2. Bagaimana ketentuan satu mejelis dalam pelaksanan jual beli online dropshipping.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di toko Online Syafa Onshop. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan metode pengumpulan data observasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini berupa data-data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dangan mas Alwi, mas Sujud Maulana, dan mbak Fadilah. Tehnik pengolahan data yang digunakan penulis adalah editing, organizing, dan penemuan hasil. Setelah data terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analitis.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa : Sejalan dengan kesimpulan tersebut, maka disarankan bagi penjual pertama, penjual menawarkan jasa ke orang lain untuk pengadaan barang yang mereka butuhkan. penjual berhak meminta imbalan, dengan nominal yang jelas dan disepakati di awal akad. Kedua, menjadi agen resmi pada sebuah toko agar status penjual (Syafa Onshop) adalah wakil bagi pemilik barang. Ketiga, bertransaksi dengan akad salam.
Jual beli model dropshipping diperbolehkan selama tidak mengandung unsur-unsur yang dapat merusaknya seperti riba, kezaliman, penipuan, kecurangan, dan sejenisnya serta memenuhi rukun-rukun dan syarat-syarat didalam jual beli.
Selalu berhati-hati dan gunakan akal sehat dalam bertransaksi dengan siapapun, karena tanggung jawab pada akhirnya ada ditangan seseorang yang melakukan transaksi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:21
Last Modified: 05 Sep 2023 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25461

Actions (login required)

View Item View Item