Kholik, Mujib Nur (2023) LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH WUSTHO DARUL FALAH SUKOREJO PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
502210066_Mujib Nur Kholik.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Nur Kholik, Mujib, 2023. Learning Management System
Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah
Diniyah Wustho Darul Falah Sukorejo Ponorogo.
Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. Muhammad
Thoyib, M.Pd. Dr. Dhinuk Puspita Kirana,
M.Pd.
Kata Kunci: Learning Management System, Pembelajaran
Kitab Kuning.
Learning management system (LMS) merupakan satu
dari sekian media yang dapat diterapkan pada pelaksanaan
pembelajaran. Madrasah Diniyah (Madin) wustho Darul Falah
sebagai lembaga pendidikan sudah mulai menerapkan LMS
sebagai adaptasi dari program digitalisasi yang sedang terjadi.
Namun, LMS ini dalam pelaksanaanya masih belum maksimal
karena terjadi beberpa indicator yang menunjukkan kelemahan
pasca penerapannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan learning
management system dalam pembelajaran kitab kuning di
madrasah diniyah wustho darul falah dengan fokus
pembahasan: 1. Perencanaan LMS, 2. Pelaksanaan
Pembelajaran dengan LMS, 3. Dampak Pelaksanaan LMS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan rancangan studi kasus, lokasi penelitian di Madrasah
Diniyah Wustho Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Objek
penelitian ini adalah LMS pada pembelajaran kitab kuning.
Adapun untuk metode pengumpulan data yang dipakai adalah
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif
dari Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi,
iii
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan peneliti tentang perencanaan LMS
dalam pembelajaran kitab kuning di Madin Wustho Darul
Falah adalah, pertama: perencanaan pembelajaran kitab kuning
dengan LMS dilakukan dengan merencanakan pembuatan
program LMS dan merencanakan pembelajaran dengan
menggunakan LMS. Dalam perencanaan ini pihak Madin
membuat tim IT yang bekerja sama dengan programmer untuk
pembuatan LMS. Pemasukan kitab kuning dan pembuatan
aplikasi benar-benar dilakukan secara langsung tanpa
download di situs penyedia aplikasi. Sedangkan untuk
perencanaan pembelajarannya pihan Madin mengidentifikasi
tujuan perencanaan pembelajaran, penyesuaian tujuan,
pemngembangan program dan evaluasi program. Kedua:
pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan LMS yang
dilakukan dengan penerapan apersepsi, pendekatan
pembelajaran, penggunaan metode dan media pembelajaran
yang dilakukan dengan inovasi dan kreatifitas masing-masing
asatidz. Ketiga: dampak pelaksanaan pembelajaran kitab
kuning yang terjadi, baik dampak positif maupun negatif.
Dampak positif pelaksanaan tentu perlu ditingkatkan,
sedangkan dampak negatif seperti kurangnya teknologi
penunjang, kurangnya interaksi social serta kurangnya
pengawasan perlu dievaluasi sebagai penentu kebijakan
keberlangsungan penggunaan LMS pada pembelajaran kitab
kuning di Madin Wustho Darul Falah. Hasil temuan
menunjukkan: penggunaan LMS pada pembelajaran kitab
kuning yang ada di Madin Wustho Darul Falah dirasakan
sangat berpengaruh dan efektif sebagai penambah ilmu
pengetahuan, minat baca dan kemampuan IT santri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib, Dhinuk Puspita Kirana |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 04:11 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 04:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25455 |
Actions (login required)
View Item |