Penerapan Model SAVI (Somatis, Audiotori,Visual, dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV di SDN Sobrah Kec. Wungu Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023

Ratnawati, Tri Heny Adi (2023) Penerapan Model SAVI (Somatis, Audiotori,Visual, dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV di SDN Sobrah Kec. Wungu Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI_TRI_HENY_A.R_203190186-7_(1)[1][1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Ratnawati, Tri Heny Adi. 2023. Penerapan Model SAVI (Somatic, Audiotory, Visual dan Intelektual) untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Kelas IV di SDN Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Tahun 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: SAVI, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah rendahnya Hasil belajar pada siswa kelas IV di SDN Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Dalam hal ini dapat dilihat dari kurangnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Rata-rata siswa pasif, cenderung malas berpikir, kurang tertarik dengan pembelajaran. Sebagai sumber ilmu guru harus dapat membuat inovasi dalam proses belajar berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visual dan Intelektual) pada mata pelajaran Matematika yang diukur melalui hasil belajar serta keaktifan siswa kelas IV di SDN Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun.
Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas atau PTK yang terdiri 2 Siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian Siswa Kelas IV SDN Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan Model SAVI (Somatic, Audiotory, Visual dan Intelektual) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV di SDN Sobrah . Pada siklus I hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti menunjukan ada 20 siswa yang belum menunjukan keaktifan belajar dengan baik. Setelah dilanjutkan siklus II ada 15 siswa dari 20 siswa atau 75% menunjukan keaktifan belajar dengan baik. Hal ini menunjukan siswa sudah dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik sehingga dapat meningkatkan nilai pengetahuan yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan hasil belajar pada siklus I menunjukan sebanyak 7 siswa dari 20 siswa atau 35% yang memperoleh nilai Tuntas. Pada siklus berikutnya peneliti menjelaskan ulang materi dengan menggunakan model pembelajaran SAVI. Peneliti melanjutkan ke Siklus II menunjukan adanya peningkatan belajar siswa. Pada siklus II ini ada sebanyak 16 dari 20 siswa atau 80% yang memperoleh nilai tuntas. Sisanya ada 4 anak dari 20 siswa atau 20% belum tuntas atau kurang maksimal karena siswa tersebut kehadiranya tidak memenuhi jumlah pertemuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Model SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, dan Intelektual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV di SDN Sobrah Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:10
Last Modified: 30 Aug 2023 04:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25454

Actions (login required)

View Item View Item