Pengembangan Potensi Siswa Melalui Pendidikan Humanis (Studi kasus di MI Pelangi Alam Ponorogo)

Nasuka, Umar Alix (2023) Pengembangan Potensi Siswa Melalui Pendidikan Humanis (Studi kasus di MI Pelangi Alam Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
211217046_Umar Alix Nasuka_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin kompleks serta kompetitif, sudah selayaknya bagi negara ini untuk bisa mengejarnya dengan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya, salah satu jalan yang bisa ditempuh dalam hal pengembangan SDM ini adalah pendidikan. Pengembangan potensi siswa didik melalui pendidikan humanis merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui lebih dalam strategi pengembangan potensi siswa didik melalui pendidikan humanis di MI Pelangi Alam Ponorogo. (2) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan humanis sebagai upaya mengembangkan potensi siswa didik di MI Pelangi Alam Ponorogo. (3) Mengetahui bagaimana hasil penerapan pendidikan humanis sebagai upaya mengembangkan potensi siswa didik di MI Pelangi Alam Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus, berupa metode pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan data reduksi data, penyajian data, dan data kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi metode dan sumber.
Berdasarkan analisis data terdapat tiga Strategi perencanaan yang ada di MI Pelangi Alam Ponorogo, yakni Perencanaan pertahun, Perencanaan persemester, dan Perencanaan perpekan. Adapun dalam praktek pengajarannya menggunakan tiga metode pembelajaran, yakni: metode pembelajaran kontekstual, Metode projeck best learning, dan Metode problem best learning. Sementara itu terdapat empat potensi yang berupaya dikembangkan yakni: Pengembangan potensi menghafal Qur’an, membaca, menggambar, dan publik speaking. Upaya pengembangan potensi tersebut menunjukkan hasil yang positif. Dalam pengembangan potensi menghafal Qur’an, tanpa adanya paksaan dan target hafalan yang sama, siswa didik sadar akan hafalannya dan kemauan dengan sendirinya dalam menghafal Qur’an. Dalam pengembangan potensi membaca siswa didik juga menunjukkan hasil yang positif, siswa didik telah dengan sendirinya mau membaca, dan juga pada keberagaman bacaan siswa didik, mulai dari ensiklopedia, fiksi, dan komik. Dalam menggambar, siswa didik belajar mengembangkan dan mengungkapkan imajinasinya dan telah mempunyai kepercayaan diri atas hasil gambarannya masing-masing tanpa melihat dari sudut pandang bagus atau jeleknya hasil gambarnya. Hasil yang baik juga terlihat dalam pengembangan potensi Public Speaking siswa didik, di mana siswa didik telah mempunyai kepercayaan yang tinggi untuk mampu berbicara di depan orang lain maupun di depan umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:19
Last Modified: 29 Aug 2023 06:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25449

Actions (login required)

View Item View Item