Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo

Setiawan, Rizki Agung (2023) Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
211217067_RIZKI AGUNG SETIAWAN_MPI..pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Agung Setiawan, Rizki. 2023. Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Prestasi Siswa di MTs Darul Huda Mayak Ponorgo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Prestasi Siswa di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo
Salah satu hal yang dibutuhkan manusia untuk memperoleh bekal dalam menghadapi kehidupan nyata adalah pendidikan. Kurikulum sebagai pedoman atau pegangan dalam kegiatan proses belajar mengajar. Salah satu bentuk keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuannya dapat diketahui dari prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan implementasi manajemen kurikulum yang baik. Manajemen kurikulum fokus pada terciptanya kegiatan pembelajaran yang efektif sehingga mendorong peserta didik untuk memiliki pengetahuan, keterampilan serta prestasi yang cemerlang.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan dan menganalisis bagaimana perencanaan kurikulum dalam peningkatan prestasi siswa di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo; (2) Menjelaskan dan menganalisi bagaimana pelaksanaan kurikulum sebagai dalam peningkatan prestasi siswa di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo; (3) Menjelaskan dan menganalisis bagaimana evaluasi kurikulum dalam peningkatan prestasi siswa di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Dalam proses penggalian data, menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara untuk analisis data dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa upaya peningkatan prestasi akademik dengan manajemen kurikulum telah direncanakan mulai dari: (1) Menjelaskan bagaimana dan menganalisis perencanaan kurikulum, yakni sebelum ajaran baru berlangsung diadakan rapat kepala sekolah, beserta waka, guru dan seluruh tenaga kependidikan untuk membahas penyusunan kalender kependidikan, silabus, program efektif, prota, promes dan RPP dan menyusun SK pembagian tugas mengajar guru; perencanaan keikutsertaan dalam ajang kompetensi akademik yang diawali proses penyaringan siswa untuk kemudian dibina secara khusus; (2) Menjelaskan bagaimana dan menganalisis Pelaksanaan kurikulum, yakni dalam proses kegiatan belajar mengajar guru mengajar di kelas sesuai jadwal, perangkat mengajar sesuai yang disetujui madrasah, guru wajib menguasai materi yang diajarkan; pelaksanaan keikutsertan dalam ajang kompetensi akademik bimbingannya di luar jam mengajar; (3) Menjelaskan bagaimana dan menganalisis Evaluasi kurikulum, terdapat tiga bentuk rapat yang dilaksanakan sepanjang tahun yakni rapat tahunan, rapat bulanan, serta rapat mingguan; evaluasi keikutsertaan dalam ajang kompetensi akademik terbagi menjadi dua evaluasi yaitu evaluasi perekrutan peserta dan evaluasi pelaksanaan pembinaan.
Di

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:07
Last Modified: 28 Aug 2023 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25446

Actions (login required)

View Item View Item