Penerapan Metode Tasalsul Dalam Proses Pembelajaran Menghafal Al-Qur'an Di TPQ An-Nur Kelurahan Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun

Alfuzahab, Fiqhba (2023) Penerapan Metode Tasalsul Dalam Proses Pembelajaran Menghafal Al-Qur'an Di TPQ An-Nur Kelurahan Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190087_FIQHBA ALFUZAHAB_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (942kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan pendidik dan sumber belajar. Pada hakikatnya, pembelajaran tidak hanya sekedar menyampaikan pesan, tetapi juga merupakan aktifitas professional yang menuntut guru untuk dapat menggunakan ketrampilan dasar mengajar secara terpadu. Pada awalnya metode yang digunakan untuk pembelajaran menghafal Al-Qur’an di TPQ An-Nur menggunakan metode qiroati, metode tersebut berjalan selama 2016-2018, akan tetapi metode ini kurang cocok diterapkan kepada santri karena santri kurang fokus dalam menghafal dan hafalan santri yang sudah dihafalkan sebelumnya mudah lupa. Oleh karena itu ustadz/ustdzahnya mengganti dengan metode tasalsul yang berguna untuk meningkatkan hafalan para santri dan menjaga hafalan santri yang sebelumnya sudah dihafalkan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode tasalsul yang diterapkan di TPQ An-Nur Kelurahan Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, (2) Untuk mengetahu kendala-kendala penerapan proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode tasalsul pada santri TPQ An-Nur Kelurahan Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun.
Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan diatas menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan subjek santri TPQ An-Nur Kelurahan Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan analisis data yang ditemukan bahwa, (1) Pelaksanaan metode tasalsul yang dilakukan di TPQ An-Nur ada tiga tahap, yaitu tahap pembukaan, tahap pembukaan ini dilakukan dengan cara seluruh santri melakukan do’a bersama sebelum melakukan pembelajaran. Kemudian masuk ke tahap inti yang dimana pada tahap ini santri melakukan kegiatan membaca Al-Qur’an secara bersama-sama kemudian menghafalkannya sampai benar-benar hafal. Tahap yang terakhir yaitu tahap penutup, pada tahap ini santri diharuskan menyetorkan hafalan yang telah dihafalkan dan ditambah hafalan sebelumnya, (2) Kendala yang ada pada santri ketika proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an yang ada di TPQ An-Nur disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor internal seperti malas memurajaah hafalan dan tidak bisa mengatur waktu, sedangkan faktor internal yang mempengaruhi yaitu tidak menjauhi dan menghindari maksiat, berlebihan dalam memandang dunia, dan sering berganti-ganti mushaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:56
Last Modified: 28 Aug 2023 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25445

Actions (login required)

View Item View Item