Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Pemecahan Masalah Anak Usia Dini melalui Balok Cruissenaire di KBIT Ulul Albab Prayungan, Sawoo, Ponorogo

Khasanah, Uswatun (2023) Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Pemecahan Masalah Anak Usia Dini melalui Balok Cruissenaire di KBIT Ulul Albab Prayungan, Sawoo, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi (upload) Uswatun Khasanah_205190039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khasanah, Uswatun. 2023. Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Pemecahan Masalah Anak Usia Dini melalui Balok Cruissenaire di KBIT Ulul Albab Prayungan, Sawoo, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.

Kata Kunci: Upaya Guru, Belajar Pemecahan Masalah, dan Balok Cruissenaire.

Upaya guru PAUD dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan anak, salah satunya kemampuan belajar pemecahan masalah yang termasuk dalam lingkup aspek kognitif. Fakta yang ditemukan di KBIT Ulul Albab ada anak yang mampu memecahkan masalah dengan baik, namun ada beberapa anak yang masih kesulitan dalam memecahkan suatu masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan belajar pemecahan masalah anak usia dini di KBIT Ulul Albab Prayungan, Sawoo, Ponorogo; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan belajar pemecahan masalah anak usia dini melalui balok cruissenaire di KBIT Ulul Albab Prayungan, Sawoo, Ponorogo; dan (3) capaian perkembangan belajar pemecahan masalah anak usia dini melalui balok cruissenaire di KBIT Ulul Albab Prayungan, Sawoo, Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan yang termasuk dalam sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping 2, dan siswa usia 3-4 tahun di KBIT Ulul Albab. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan belajar pemecahan masalah anak usia dini di KBIT Ulul Albab adalah melihat karakteristik perkembangan anak, menyediakan media dan alat peraga, mengatur lingkungan belajar, mengemas pembelajaran melalui bermain, dan penampilan guru dalam memberikan pembelajaran. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan belajar pemecahan masalah anak usia dini melalui balok cruissenaire di KBIT Ulul Albab adalah faktor lingkungan, kematangan, pembentukan keterampilan kognitif, minat dan bakat, serta kebebasan bereksplorasi. (3) Capaian perkembangan belajar pemecahan masalah anak usia dini melalui balok cruissenaire di KBIT Ulul Albab adalah paham bila ada bagian yang hilang, menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya, menyebutkan berbagai macam kegunaan dari benda, memahami persamaan antara dua benda, memahami perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama, bereksperimen dengan bahan menggunakan cara baru, mengerjakan tugas sampai selesai, menjawab apa yang akan terjadi selanjutnya dari berbagai kemungkinan, menyebutkan bilangan angka 1-10, dan mengenal beberapa huruf atau abjad tertentu dari A-Z yang pernah dilihatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:11
Last Modified: 23 Aug 2023 06:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25443

Actions (login required)

View Item View Item