Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Jawa Kelas II di MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Indraningtyas, Wahyu (2023) Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Jawa Kelas II di MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
203190312_WAHYU INDRANINGTYAS_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Indraningtyas, Wahyu. 2023. Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Jawa Kelas II di MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Lukman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan membaca, Kartu Kata Bergambar, Media.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada keterampilan membaca kosakata bahasa Jawa yang masih rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam membaca kosakata bahasa Jawa, hal tersebut disebabkan dalam bahasa Jawa antara penulisan dan pelafalannya tidak sama. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran bahasa Jawa masih terbatas. Peneliti merasa perlu untuk memperbaiki kondisi pembelajaran bahasa Jawa di kelas II Al-Farabi MIN 1 Ponorogo, dengan cara mengoptimalkan fungsi media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan adalah kartu kata bergambar. Desain kartu ini akan menarik untuk siswa karena berisikan gambar-gambar yang berwarna.
Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan kondisi awal pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa sebelum diterapkan media kartu kata bergambar; (2) mendeskripsikan penerapan media kartu kata bergambar pada kegiatan pembelajaran bahasa Jawa; (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jawa menggunakan kartu kata bergambar.
Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan pembelajaran dapat dirancang dengan baik sehingga menjadi efektif dan efisien agar tujuan penelitian tindakan kelas tercapai. Pengambilan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Partisipasi penelitian berasal dari guru dan siswa kelas II Al-Farabi MIN 1 Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa; (1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa sebelum dilaksanakan penelitian hanya menggunakan buku ajar dan tidak menggunakan media kartu kata bergambar; (2) peneliti menerapkan media kartu kata bergambar pada kegiatan pembelajaran bahasa Jawa dimulai dengan persiapan, pemanfaatan media bersama dengan siswa kelas II, dilanjutkan dengan mengukur keterampilan mambaca kosakata bahasa Jawa siswa kelas II setelah memanfaatkan media kartu kata bergambar menggunakan penugasan dan penilaian; (3) peningkatan kemampuan membaca siswa dari siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 11 siswa (55%), dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 18 siswa (90%) yang mendapat nilai tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:43
Last Modified: 22 Aug 2023 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25436

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item