Materi Akidah Dalam Kitab "'Aqidatul 'Awam" Karya As Sayyid Ahmad Al Marzuki Dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah

Qoni'ah, Imroatul (2023) Materi Akidah Dalam Kitab "'Aqidatul 'Awam" Karya As Sayyid Ahmad Al Marzuki Dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190102_IMROATUL QONI'AH_PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Qoni’ah, Imroatul. 2023, Materi Akidah Dalam Kitab "‘Aqi>datul ‘Awa>m" Karya As Sayyid Ahmad Al-Marzuki dan Relevansinya Terhadap Materi Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Moh. Miftachul Choiri, M.A.

Kata Kunci: Akidah, Kitab ‘Aqi>datul ‘Awa>m

Akidah adalah sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara umum oleh manusia berdasarkan akal, wahyu, dan fitrah. Kebenaran itu dipatrikan oleh manusia di dalam hati serta diyakini kesahihan dan keberadaannya secara pasti dan ditolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu. Ketika seseorang telah menanamkan akidah dalam hatinya maka dia akan melaksanakan ibadah dengan sungguh-sungguh. Salah satu diantara kitab-kitab yang mebahas akidah adalah kitab “‘Aqi>datul ‘Awa>m” karya As-Sayyid Ahmad Al-Marzuki. Kitab tersebut menjelaskan mengenai materi akidah secara dasar yang disajikan dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Sehingga kitab ini mudah untuk dipahami oleh orang-orang awam. Karena itu, isi dari kitab ini sangat perlu dan penting untuk diketahui setiap umat islam. Terlebih bagi mereka yang baru pertama mengenal islam.
Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan materi akidah dalam kitab “Aqi>datul ‘Awa>m” karya As-Sayyid Ahmad Al-Marzuki, (2) Mendeskripsikan materi akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah, (3) Mendeskripsikan relevansi materi akidah dalam kitab “Aqi>datul ‘Awa>m” karya As-Sayyid Ahmad Al-Marzuki dengan materi akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilakukan dengan bertumpu pada data kajian pustaka, yaitu dengan mengkaji kitab "‘Aqi>datul ‘Awa>m" Karya As Sayyid Ahmad Al-Marzuki, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Materi akidah dalam kitab "‘Aqi>datul ‘Awa>m" Karya As Sayyid Ahmad Al-Marzuki terdiri dari tujuh bab. (2) Materi akidah akhlak kelas VII madrasah tsanawiyah terdiri dari sepuluh bab. (3) Relevansi materi akidah dalam kitab "‘Aqi>datul ‘Awa>m" Karya As Sayyid Ahmad Al-Marzuki terhadap materi akidah akhlak kelas VII madrasah tsanawiyah terdapat pada materi sifat-sifat Allah SWT dan sifat-sifat malaikat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:53
Last Modified: 21 Aug 2023 08:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25433

Actions (login required)

View Item View Item