...(1. LENGKAPI FILE UPLOAD DENGAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, 2. SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD, UPLOAD ULANG)... IMPLEMENTASI PROGRAM WAJIB MUKIM DALAM PEMBENTUKAN KONTROL DIRI SISWA MADRASAH ALIYAH MA’ARIF AL-MUKARROM SOMOROTO KAUMAN PONOROGO

Wulandari, Rosalina (2023) ...(1. LENGKAPI FILE UPLOAD DENGAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, 2. SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR BERTTD, UPLOAD ULANG)... IMPLEMENTASI PROGRAM WAJIB MUKIM DALAM PEMBENTUKAN KONTROL DIRI SISWA MADRASAH ALIYAH MA’ARIF AL-MUKARROM SOMOROTO KAUMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190249_ROSALINA WULANDARI_PAI.docx

Download (1MB)
[img] Text
201190249_ROSALINA WULANDARI_PAI.docx

Download (413kB)

Abstract

Wulandari, Rosalina. 2023 Implementasi Program Wajib Mukim Dalam Pembentukan Kontrol Diri Siswa MA Ma'arif Al Mukarram Sumoroto Kauman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ali, M. Pd.
Kata Kunci : Implementasi, Program Wajib Mukim, Kontrol Diri.
Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom suatu lembaga pendidikan formal di bawah naungan lembaga pendidikan Ma'arif NU Ponorogo. Dalam membentuk karakter, membina akhlak untuk pembentukan kontrol diri pada siswa Madrasah Aliyah Ma'arif Al-Mukarrom ini membentuk program wajib mukim, sebagai salah satu program ukuran menjawab problematika yang belum mampu untuk dihadapi oleh Madrasah formal kaitannya pembinaan akhlak. Selain untuk menjawab kebutuhan masyarakat, juga untuk memotivasi siswa agar berkeinginan mondok.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan; (1) bentuk pengimplementasian program wajib mukim dalam membentuk kontrol diri siswa MA Ma'arif Al-Mukarrom. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami dalam proses pengimplementasian program wajib mukim di MA Ma'arif Al-Mukarrom. (3) kontribusi program wajib mukim terhadap peningkatan kontrol diri siswa MA Ma'arif Al-Mukarrom.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus (case study), dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan: (1) kegiatan-kegiatan pembentukan diri siswa melalui program wajib mukim dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu pertama kegiatan harian seperti; Madrasah Diniyah, sorogan Al-Qur’an kajian kitab kuning, dengan pembiasaan sholat wajib dilaksanakan secara berjamaah. Kegiatan mingguan: Tahlil, muhadhoroh, pembacaan kitab diba’ Al-Barzanji dan Ro’an. Kegiatan bulanan: Ziarah Makam, Istighosah dan Khotmil Qur'an. (2) faktor pendukung dari pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut; kesiapan dan motivasi belajar siswa, kerjasama guru yang baik dalam melakukan pendekatan atau evaluasi terhadap siswa yang tidak mengikuti kegiatan, fasilitas atau sarana prasarana yang cukup memadai dan efektif untuk menyukseskan kegiatan. kurikulum yang relevan dengan kultur madrasah, dukungan orang tua baik moril dan materil. Adapun faktor penghambat; sikap mental pengelola pendidikan kurang tegas ini berkaitan pada profesionalitas pengurus, tidak terdapat tidak lanjut atas evaluasi yang dilakukan, kurang kepemilikan dari pelaksana pendidikan ini bekaitan tentang moral kerja dari guru. (3) dari penelitian yang telah dilakukan program tersebut dapat meningkatkan akhlak, membentuk karakter guna mengontrol diri secara cukup signifikan. Dilihat dari perubahan keta'dziman, kedisiplinan, kesadaran akan tugas dan tanggung jawab siswa serta perubahan pada pola pikir sebelum adanya keputusan peserta tindakan. Karena kontrol diri dapat dibentuk dan ditingkatkan melalui kegiatan yang bersifat keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:45
Last Modified: 21 Aug 2023 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25431

Actions (login required)

View Item View Item