Nilai-nilai Religius dan Kepedulian Sosial Pada Kegiatan Mujahadah Jama'ah Al-Amin di Desa Sambirejo Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri

Lestari, Dwi (2023) Nilai-nilai Religius dan Kepedulian Sosial Pada Kegiatan Mujahadah Jama'ah Al-Amin di Desa Sambirejo Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190343_DWI LESTARI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Lestari, Dwi. 2023. Nilai-nilai Religius dan Kepedulian Sosial Pada Kegiatan Mujahadah Jama'ah Al-Amin di Desa Sambirejo Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.

Kata kunci: Nilai-nilai Religius, Kepedulian Sosial, Mujahadah.

Setiap muslim tentunya tidak terlepas dari prinsip dasar agama Islam seperti Ibadah, Akidah dan Akhlak. Pentingnya prinsip dasar agama Islam yang harus tertanam dalam diri seorang muslim. Perlunya dilakukan kegiatan keagamaan menyangkut secara langsung hubungan manusia dengan Tuhan, salah satunya dengan bermujahadah, Mujahadah adalah usaha dalam diri untuk melawan hawa nafsu secara lahir dan batin melalui tindakan yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Selain mengandung nilai-nilai religius, kegiatan mujahadah juga mengandung nilai-nilai sosial karena dalam kegiatan mujahadah tersebut erat kaitannya dengan interaksi antar anggota masyarakat.
Penelitian bertujuan mengetahui (1) Pelaksanaan kegiatan mujahadah Jama'ah Al-Amin di Desa Sambirejo Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri (2) Nilai-nilai religius pada kegiatan mujahadah Jama'ah Al-Amin (3) Nilai-nilai kepedulian sosial pada kegiatan mujahadah Jama'ah Al-Amin (4) Impilkasi kegiatan mujahadah dalam peningkatan nilai-nilai religius dan kepedulian sosial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada studi kasus tentang pelaksanaan kegiatan mujahadah di Desa Sambirejo, nilai-nilai religius dan nilai-nilai kepedulian sosial. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kegiatan mujahadah yang dilaksanakan pada seminggu sekali pada malam Jum’at secara berjamaah dan bergiliran dari rumah ke rumah atau bisa disebut dengan jenis mujahadah usbu’iyah. Kegiatan mujahadah di awali dengan tausiah dan dengan pembacaan Sholawat, tasbih, tahmid dan tahlil serta do’a-do’a khusus dalam meminta hajat. (2) Nilai-nilai religius yang terdapat kegiatan mujahadah di Desa Sambirejo diantaranya termotivasi dalam meningkatkan kualitas ibadah dan beristiqomah dalam mendekatkan diri kepada Allah. (3) Nilai kepedulian sosial yang terdapat dalam kegiatan mujahadah adalah dalam bentuk empati dan tanggung jawab menjadi landasan dalam tindakan dan perilaku individu yang peduli terhadap kesejahteraan dan kebutuhan sesama (4) Implikasi dari kegiatan mujahadah dalam peningkatan nilai religius adalah meningkatkan kualitas ibadah, membentuk ketahanan mental dan membentuk keikhlasan. Sedangkan dalam kepedulian sosial berimplikasi membentuk solidaritas dan keadilan. Orang yang tidak religiusitas dan kepedulian sosial itu akan berputus asa dan merasa dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:32
Last Modified: 21 Aug 2023 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25418

Actions (login required)

View Item View Item