Konsep Pendidikan Anak Perempuan dalam Al Qur'an Surah Ali Imran Ayat 35-37 Perspektif Tafsir Al Misbah Karya Quraish Shihab

Rosyidah, Atik Nur (2023) Konsep Pendidikan Anak Perempuan dalam Al Qur'an Surah Ali Imran Ayat 35-37 Perspektif Tafsir Al Misbah Karya Quraish Shihab. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190043_ATIK NUR ROSYIDAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rosyidah, Atik Nur. 2023. Konsep Pendidikan Anak Perempuan Dalam
Al Qur'an Surah A<li „Imra<n Ayat 35-37 Perspektif Tafsir Al Mis{ba<h Karya
Quraish Shihab. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr.
Afif Syaiful Mahmuddin, Pd. I.
Kata Kunci : Surah A<li ‘Imra<n, Konsep Pendidikan, Anak Perempuan,
Tafsir Al Mis{ba<h
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran orang tua dalam
mendidik anak perempuan. Perubahan zaman yang sangat cepat, dapat
memengaruhi berbagai hal yang berkenaan dengan pendidikan bahkan dengan
keagamaan. Sebagai manusia harus bisa memahami dan mengoperasikan al-
Qur‘an dalam kehidupan sehari-hari. Kisah keluarga ‗Imra<n dalam mendidik dan
mengasuh anak terdapat dalam al-Qur‘an Surah A<li ‗Imra<n ayat 35-37 yang
didalamnya menyajikan bahwa dalam al-Qur‘an mengandung pendidikan bahkan
pengetahuan dalam membesarkan anak, dan anak-anak harus mengetahui baik
secara indivdiu maupun universal. Oleh karena itu penting mangambil kisah dan
teladan dalam al-Qur‘an untuk diterapkan pada masa kini.
Objek peremasalahan dalam penelitian ini ada 2 yang pertama, bagaimana
pandangan Quraish Shihab tentang pendidikan anak perempuan dalam al-Qur‘an
Surah A<li ‗Imra<n ayat 35-37 dan yang kedua, bagaimana perbandingan
pendidikan anak perempuan menurut Quraish Shihab dalam Surah A<li ‗Imra<n
ayat 35-37 dengan pendidikan anak perempuan zaman sekarang. Dengan tujuan
pembahasan yaitu mengetahui pandangan Quraish Shihab tentang pendidikan
anak perempuan dalam al-Qur‘an Surah A<li ‗Imra<n ayat 35-37. Mengetahui
pendidikan anak perempuan menurut Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mis{bah
Surah A<li ‗Imra<n ayat 35-37 dan relevansinya dengan pendidikan anak perempuan
sekarang.
Penelitian ini termasuk penelitian tafsir al-Qur‘an dengan pendekatan
tematik yang berarti menetapkan satu objek untuk dibahas. Dalam penelitian ini
penulis menggunakan kajian kepustakaan (Library Research). Dalam
melaksanakan telaah untuk memecahkan masalah bertumpu pada penelaah kritis
dan mendalam terdapat dalam Kitab Tafsir Al Misbah karya Quraish Shihab dan
al Qur‘an.
Hasil dari pembahasan penelitian ini (1) dijelaskan tentang keluarga
‗Imra<n, tentang cara mendidik anak-anaknya untuk menjadi keturunan yang sholih
dan sholihah menurut pandangan Quraish Shihab tentang pendidikan anak
perempuan dalam al-Qur‘an Surah A<li ‗Imra<n ayat 35-37. (2) yang kedua
persamaan dan perbedaan dalam konsep pendidikan yang dikemukakan oleh
Quraish Shihab, persamaannya yaitu Orang tua dalam mendidik anak perempuan
dalam beragama, memperhatikan lingkungan dan pendidikan anak. Sedangkan
perbandingannya pada zaman sekarang yaitu konsep pendidikan bagi anak
perempuan menyesuaikan dengan kehidupan di era digital saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:31
Last Modified: 15 Aug 2023 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25412

Actions (login required)

View Item View Item