Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Qur'an Hadist Pada Kelas III Di MI Ma'arif As-Salam Sooko

Kristianingrum, Mariska (2023) Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Qur'an Hadist Pada Kelas III Di MI Ma'arif As-Salam Sooko. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190158_MARISKA KRISTIANINGRUM_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Kristianingrum, Mariska. 2023. Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Qur’an Hadist Pada Kelas III Di Mi Ma’arif As-Salam Sooko. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.

Kata Kunci : Gaya Belajar, Kecerdasan Intelektual, Kemampuan Pemahaman Konsep

Latar belakang dari penelitian ini muncul karena adanya pemahaman peserta didik yang masih kurang akan sulit bagi peserta didik untuk memahami isi materi yang disampaikan. Pemahaman yang kurang ini disebabkan peserta didik yang tidak fokus, tidak mendengarkan dan memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru. Kemampuan pemahaman sangat penting dimiliki oleh peserta didik karena akan mempermudah dalam belajar kedepannya. Apabila materi yang diberikan diawal belum paham maka akan muncul kesulitan memahami materi baru sehingga ketidakpahaman tersebut akan terus berlanjut-lanjut. Maka dari itu dalam penelitian ini peneliti mengaitkan pengaruh gaya belajar dan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran Qur’an Hadist pada kelas III di MI Ma’arif As-Salam Sooko.
Tujuan penelitain ini ada tiga yaitu pertama menjelaskan pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran Qur’an Hadist pada kelas III di MI Ma’arif As-Salam Sooko. Kedua menjelaskan pengaruh yang signifikan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran Qur’an Hadist pada kelas III di MI Ma’arif As-Salam Sooko. Ketiga menjelaskan pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran Qur’an Hadist pada kelas III di MI Ma’arif As-Salam Sooko.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dengan jenis penelitian eks post facto yang bertujuan menemukan penyebab perubahan pada variabel bebas secara keseluruhan. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif As-Salam Sooko pada kelas III. Cara mengumpulkan data dengan menggunakan angket dengan memberikan kuesioner kepada peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 responden. Dengan menggunakan teknik sampling non-probability. Uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan Koefiesien Determinasi (R Square).
Hasil yang diperoleh berupa simpulan gaya belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep memiliki nilai R2 yaitu sebesar 2,1% yang menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh 2,1% terhadap kemampuan pemahaman konsep dan sisanya 97,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Pengaruh yang diberikan dari gaya sangat lemah karena standard error lebih besar sehingga nilai R square lebih kecil. Kecerdasan intelektual memiliki pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan intelektual terhadap kemampuan pemahaman konsep memiliki nilai R2 sebesar 86,1% yang menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh 86,1% terhadap kemampuan pemahaman konsep dan sisanya 13,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Pada kecerdasan intelektual standard error yang dihasilkan lebih kecil sehingga nilai R square lebih besar maka pengaruh yang diberikan juga kuat. Sedangkan gaya belajar dan kecerdasan intelektual berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep dengan memperoleh nilai R2 yaitu sebesar 86,3% yang menunjukkan bahwa gaya belajar dan kecerdasan intelektual berpengaruh 86,3% terhadap kemampuan pemahaman konsep dan sisanya 13,7% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:57
Last Modified: 11 Aug 2023 06:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25409

Actions (login required)

View Item View Item