Budaya Religius Madrasah Dan Pendidikan Karakter Terhadap Kepribadian Sehat Peserta Didik Di MI Ma'arif As-Salam Sooko Ponorogo

Safitri, Risma (2023) Budaya Religius Madrasah Dan Pendidikan Karakter Terhadap Kepribadian Sehat Peserta Didik Di MI Ma'arif As-Salam Sooko Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190175_RISMA AYU DUWI SAFITRI_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Safitri, Risma Ayu Duwi. 2023. Pengaruh Budaya Religius Madrasah dan Pendidikan Karakter terhadap Kepribadian Sehat Peserta Didik di MI Ma’arif As-Salam Sooko Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Budaya religius madrasah, pendidikan karakter, kepribadian sehat.
Penelitian ini berangkat dari kepribadian sehat peserta didik yang belum berkembang dengan baik walaupun budaya religius dan pendidikan karakter sudah diterapkan. Kepribadian sehat peserta didik yang berkembang terlihat pada sifat suka menirukan gaya bicara, adab makan yang belum diterapkan dengan baik oleh peserta didik, adab berkata, sosial peserta didik yang suka memilih teman, menyakiti hati teman, dan mengolok-olok teman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh budaya religius madrasah terhadap kepribadian sehat peserta didik; (2) pengaruh pendidikan karakter terhadap kepribadian sehat peserta didik; dan (3) pengaruh budaya religius madrasah dan pendidikan karakter terhadap kepribadian peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif As-Salam Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo dengan sampel kelas IV dan V sebanyak 43 responden. Penyebaran angket dilakukan melalui teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan SPSS 25. Uji asumsi yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu regresi linear sederhana, uji F, regresi linier berganda, dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Budaya religius madrasah berpengaruh terhadap kepribadian sehat peserta didik yang terlihat pada hasil regresi linear sederhana diketahui nilai F hitung sebesar 24,122 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 serta nilai t hitung sebesar 4,911 > t tabel 2,020. Besarnya pengaruh yang diberikan sebesar 0,975. Besar korelasi R yaitu 0,609 dengan koefisien determinasi R Square sebesar 0,370 sehingga pengaruh variabel budaya religius madrasah terhadap kepribadian sehat sebesar 37%. (2) Pendidikan karakter berpengaruh terhadap kepribadian sehat peserta didik yang terlihat pada hasil regresi linear sederhana diketahui nilai F hitung sebesar 81,383 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 serta nilai t hitung sebesar 9,021 > t tabel 2,020. Besarnya pengaruh sebesar 0,955. Besarnya korelasi R yaitu 0,815 dengan koefisien determinasi R Square sebesar 0,665 sehingga pengaruh variabel pendidikan karakter terhadap kepribadian sehat sebesar 66,5%. (3) Budaya religius madrasah dan pendidikan karakter secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepribadian sehat peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 39,703 > Ftabel 3,226. Besar pengaruh yang diberikan budaya religius madrasah dan pendidikan karakter masing-masing terhadap kepribadian sehat sebesar 0,012 dan 0,949. Nilai koefisien determinasi (R-Square) budaya religius madrasah dan pendidikan karakter sebesar 0,665 atau sebesar 66,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:56
Last Modified: 11 Aug 2023 06:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25408

Actions (login required)

View Item View Item