Implementasi Nilai-nilai Karakter pada Pembelajaran Tematik Kelas V Melalui Problem Based Learning di Ma'arif Mayak Tonatan Ponorogo

Anisa, Khoirul (2023) Implementasi Nilai-nilai Karakter pada Pembelajaran Tematik Kelas V Melalui Problem Based Learning di Ma'arif Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203180061-KHOIRUL ANISA-PGMI (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Anisa, Khoirul. 2023. Implementasi Nilai- Nilai Karakter pada Pembelajaran Tematik Kelas V melalui Problem Based Learning di Mi Ma’arif Mayak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M. Pd.
Kata Kunci: Nilai Karakter, Pembelajaran Tematik, Problem Based Learning
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan nilai-nilai katakter pada saat proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari fonomena-fenomena yang terjadi di lembaga pendidikan yang semakin jauh dari karakter yang baik di era zaman sekarang. Karena itu, guru mengupayakan model pembelajaran yang dapat menanamkan nilai karakter pada siswa seperti penerapan model Problem Based Learning di MI Ma’arif Mayak, Tonatan, Ponorogo untuk menanamkan nilai karakter pada siswa.
Tujan penelitian ini(1) untuk mendiskripsikan implementasi nilai-nilai karakter melalui problem based learning pada pelajaran tematik kelas V di MI Ma’arif Mayak Ponorogo. (2) untuk menjelaskan faktor-faktor yang menjadi pendukung nilai-nilai karakter melalui Problem Based Learning pada pelajaran tematik kelas V di MI Ma’arif Mayak Ponorogo. (3) untuk menjelaskan faktor-faktor yang menjadi penghambat pembelajaran karakter melalui Problem Based Learning di MI Ma’arif Mayak, Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima nilai karakter yang diterapkan oleh guru:(1)Nilai karakter tanggung jawab ditanamkan oleh guru ketika siswa siswa dihapkan masalahHal ini, termasuk dalam langkah guru munggunakan PBL saat proses mengoreintasi siswa terhadap masalah. (2) Nilai karakter toleransi ditanamkan oleh guru ketika siswa bertanya jawab dan meyanggah pendapat orang lainhal ini, termasuk dalam langkah guru menggunakan PBL saat proses membimbing penyeledikan individual maupun kelompok. (3) Nilai karakter kerja keras ditanamkan oleh guru ketika siswa menyelesaikan masalah dari guruhal ini, termasuk dalam langkah guru menggunakan PBL saat proses membimbing penyeledikan individual maupun kelompok. (4) Nilai karakter demokrasi ditanamkan oleh guru ketika siswa berdiskusi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:37
Last Modified: 07 Aug 2023 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25394

Actions (login required)

View Item View Item