Karakteristik Teman Menurut Syaikh Al Zarnuji dalam Kitab Ta'lim Muta'allim dan Relevansinya dengan Perkembangan Sosial Remaja

Jannah, Khaudhotul Jannah (2023) Karakteristik Teman Menurut Syaikh Al Zarnuji dalam Kitab Ta'lim Muta'allim dan Relevansinya dengan Perkembangan Sosial Remaja. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
KHAUDHOTUL JANNAH_201190117_PAI-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Jannah, Khaudhotul. 2023. Karakteristik Teman Menurut Syaikh Al Zarnuji dalam Kitab Ta’li>m Muta’allim dan Relevansinya dengan Perkembangan Sosial Remaja. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. H. Moh. Miftachul Choiri, M.A.

Kata Kunci: Teman, Kitab Ta’li>m Muta’allim, Perkembangan Sosial Remaja

Pergaulan teman sebaya mempunyai kontribusi dalam mempengaruhi perilaku seseorang. Baik buruknya perilaku orang dapat kita lihat dengan siapa mereka berteman dan bergaul. Teman memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan seseorang. Banyak sekarang ditemukan para pelajar yang memilih teman yang suka hura-hura, bersenang-senang, bermain, nongkrong bahkan ghibah membicarakan teman atau gurunya sendiri. Namun sedikit dari mereka yang memilih berteman dengan orang yang memiliki akhlak baik, sopan, rajin dan bersungguh-sungguh dalam belajar. Oleh karena itu, perlu adanya literasi mengenai bagaimana seseorang untuk memilih teman, baik teman pergaulan maupun teman dalam belajar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kitab Ta’li>m Muta’allim karena kitab tersebut merupakan kitab yang telah berumur belasan tahun, namun masih eksis dalam dunia pendidikan. Selain itu juga mudah dipahami dan isinya lebih lengkap mengenai kriteria teman yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menjelaskan kriteria teman belajar menurut Syaikh Al Zarnuji dalam kitab Ta’li>m Muta’allim, (2) menjelaskan adab dengan teman belajar menurut Syaikh Al Zarnuji dalam kitab Ta’li>m Muta’allim. (3) untuk mengetahui relevansi karakteristik teman menurut syaikh Al Zarnuji dalam kitab Ta’li>m Muta’allim dengan pekembangan sosial remaja.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenisnya yaitu library research (penelitian pustaka), dengan menggunakan teknik dokumentasi kemudian untuk teknik analisis isinya yaitu (content analisis). Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kitab “Ta’li>m Muta’allim”. Sedangkan data sekunder dari buku “Kajian dan Analisis Ta’li>m Muta’allim karya M. Fathul Lillah, Adab di Atas Ilmu 3 terjemah Ta’li>m Muta’allim karya Az Zarnuji, terj. Aldi Hidayat” dan beberapa buku yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu (a) meringkas data untuk memahami makna (b) mempelajari kata kunci (c) mengembangkan data (d) mengumpulkan data, (e) melakukan analisis pengembangan dan diakhiri dengan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian maka diperoleh hasil penelitian: bahwa Syaikh Al Zarnuji menganjurkan kepada seseorang untuk memilih teman yang memiliki kepribadian baik (tekun, wara’, jujur, pandai) dan menghindari orang yang memiliki kepribadian buruk (pemalas, pengangguran banyak bicara, berbuat kerusakan, suka memfitnah). Kemudian Syaikh Al Zarnuji dalam kitabnya Ta’li>m Muta’allim memberikan penjelasan mengenai adab dengan teman yaitu berteman dengan orang yang berlepribadian baik, saling sayang menyayangi, saling menghormati. Relevansi karakteristik teman menurut syaikh Al Zarnuji dalam kitab Ta’li>m Muta’allim dengan pekembangan sosial remaja yaitu pada masa perkembangan sosial remaja seorang remaja cenderung menginginkan teman yang mempunyai minat dan nilai-nilai yang sama, dapat mengerti dan membuatnya merasa aman, dan kepadanya ia dapat mempercayakan masalah-masalah dan membahas hal yang tidak dapat di bicara dengan orang tua maupun guru. Teman sebaya mempunyai peranan dan pengaruh yang besar dalam hal pembentukan akhlak pada diri seorang siswa. Hubungan sosial pada teman sebaya sangat penting bagi perkembangan kepribadian. Dalam kitab Ta’li>m Muta’allim Syaikh Al Zarnuji menganjurkan untuk memilih teman yang memiliki kepribadian baik (tekun, wara’, jujur, pandai) dan menghindari teman yang memiliki kepribadian buruk (pemalas, pengangguran, banyak bicara, suka berbuat kerusakan, suka memfitnah). Hal ini akan mendukung perkembangan sosial remaja kearah yang positif. Dengan demikian maka kriteria teman menurut Syaikh Al Zarnuji relevan dengan perkembangan sosial remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:53
Last Modified: 02 Aug 2023 04:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25385

Actions (login required)

View Item View Item