Penerapan Strategi Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX SMP Ma’arif 5 Ponorogo

Ni'mah, Arini Nur Jannatun (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX SMP Ma’arif 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190036_ARINI NUR JANNATUN NI'MAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ni’mah, Arini Nur Jannatun. 2023.Penerapan Strategi Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX SMP Ma’arif 5 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M.Ag.

Kata Kunci: strategi pembelajaran, jigsaw, keaktifan, hasil belajar

Proses belajar mengajar merupakan kegiatan dalam rangka melaksanakan kurikulum untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX SMP Ma’arif 5 Ponorogo pada mata pelajaran Aqidah Akhlak karena metode pembelajaran yang dilakukan bersifat kovensional. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklussebesar 71,44 yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal itulah yang menjadikan guru harus melakukan remidial pada peserta didik yang belum memenuhi KKM tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan strategi pembelajaran jigsaw.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui keaktifan belajar siswa kelas IX SMP Ma’arif 5 Ponorogo sebelum dan sesudah diterapkan strategi pembelajaran jigsaw, (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IX SMP Ma’arif 5 Ponorogo sebelum dan setelah diterapkan strategi pembelajaran Jigsaw.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali siklus, yakni siklus I dan siklus II dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan. Tahapan itu mengambil model PTK dari Mc Kemmis & Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas IX SMP Ma’arif 5 Ponorogo yang berjumlah 9 orang, dengan rincian 4 siswa laki-laki dan 5 siswi perempuan
Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa (1) Strategi pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Ditunjukkan dengan persentase keaktifan belajar pada tiap siklusnya, pada siklus I keaktifan belajar siswa 72,00% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,00%. (2) Strategi pembelajaran jigsaw meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tahap pra siklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 71,44 dengan ketuntasan belajar 33,33%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 78,88 dengan ketuntasan belajar 55,55%, dan mengalami peningkatan yang signifikan lagi pada siklus II dengan rata-rata 88,88 dan ketuntasan belajar di angka 88,88%. Dari persentase dan rata-rata tersebut dapat dilihat bahwa dari tahapan pra siklus sampai siklus II keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dengan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IX SMP Ma’arif 5 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:11
Last Modified: 31 Jul 2023 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25373

Actions (login required)

View Item View Item