Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Unsur-Unsur Hadist di MA Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Puspitasari, Noviantika Dyah (2023) Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Unsur-Unsur Hadist di MA Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190201_Noviantika Dyah Puspitasari_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dyah Puspitasari, Noviantika. 2023. Implementasi Model pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Unsur-Unsur Hadits Di MA Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Muhammad Heriyudanta, M. Pd.I.

Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits yang membosankan, dan metode pembelajaran yang kurang bervariatif yang mempengaruhi hasil belajar siswa banyak yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui implementasi model pembelajaran jigsaw, 2) peningkatan hasil belajar siswa pada materi unsur-unsur hadits dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas X MA Miftahussalam Kambeng, Slahung, Ponorogo
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan alur penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi, dan metode tes yang digunakan untuk menunjang penelitian ini. Dengan menerapkan strategi pembelajaran ini, peserta didik akan termotivasi untuk lebih giat belajar dan mau membaca materi yang diberikan oleh guru, karena pembelajaran akan lebih bervariatif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw yang telah diimplementasikan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di MA Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pada siklus I sampai siklus II dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Pada saat pra siklus siswa yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 12 siswa dan yang mencapai ketuntasan berjumlah 16 siswa. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 19 siswa dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 9 siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 24 siswa dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:09
Last Modified: 15 Aug 2023 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25372

Actions (login required)

View Item View Item