Nilai-nilai Keteladanan Rasulullah dalam Surat al-Ahzab Ayat 21 dan Implikasinya bagi Pendidik dalam Pendidikan Islam

Nafiah, Leni Khoirotun (2023) Nilai-nilai Keteladanan Rasulullah dalam Surat al-Ahzab Ayat 21 dan Implikasinya bagi Pendidik dalam Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190129_Leni Khoirotun Nafiah_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nafiah, Leni Khoirotun. 2023. Nilai-Nilai Keteladanan Rasulullah dalam al-Qur’an Surat al-Ah{za>b Ayat 21 dan Implikasinya bagi Pendidik dalam Pendidikan Islam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M. Pd. I.

Kata kunci: Nilai-nilai Keteladanan, al-Qur’an Surat al-Ah{za>b ayat 21, Implikasi, dan Pendidik dalam Pendidikan Islam

Guru atau pendidik adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Akan tetapi pada zaman generasi sekarang ini terdapat seseorang yang memiliki status pendidik, tetapi tidak bisa menjaga marwah dan citranya sebagai guru dalam pandangan masyarakat dan juga anak didik. Jika ditelusuri lagi, ternyata masih ada guru yang mencemarkan status sebagai guru dengan melakukan tindakan amoral, asosial, dan bejat yang masih menghiasi di berbagai media massa baik itu dalam elektronik maupun cetak. Seperti kasus guru honorer yang melecehkan siswanya dilingkungan sekolah yang berada di bengkulu. Fenomena-fenomena seperti itu karena kurangnya pengimplikasian dan pengadopsian nilai-nilai keteladanan terhadap Rasululllah. Untuk mengatasi fenomena tersebut maka ada pengkajian al-Qur’an Surat al-Ah{za>b ayat 21.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Nilai-nilai Keteladanan Rasulullah dalam al-Qur’an Surat al-Ah{za>b ayat 21; (2) Implikasi Nilai-nilai Keteladanan Rasulullah dalam al-Qur’an surat al-Ah}za>b ayat 21 bagi Pendidik dalam Pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pustaka dan jenis penelitian yang digunakan adalah literature kajian pustaka (library research). Dengan teknik pengumpulan data dengan 3 tahapan yaitu editing, organizing, dan penemuan hasil data yang menggunakan tafsir al-Misbah, tafsir al-Munir dan tafsir Fi Zhilalil Qur’an. Teknis analisis data menggunakan metode analisis isi (analisis content).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Nilai-nilai keteladanan Rasulullah dalam al-Qur’an Surat al-Ah{za>b ayat 21 yaitu: menjauhi sifat munafik, dzikir kepada Allah SWT, bersemangat, sikap ketabahan/ketegaran, kasih sayang, sebagai pelindung, berani, jiwa yang humor, sabar dan menahan amarah, dan kesungguhan. (2). Implikasi nilai-nilai keteladanan Rasulullah bagi pendidik dalam pendidikan Islam sangat perlu karena dengan meneladani nilai-nilai yang terkandung dalam diri Rasul maka akan tercapainya sifat teladan dalam diri pendidik untuk anak didik, yaitu: (a). nilai keteladanan agama bagi pendidik dalam pendidikan Islam adalah sikap kesabaran, sikap ketabahan/ketegaran, berdzikir kepada Allah SWT, dan menjauhi sifat munafik. (b). Nilai Keteladanan Dunia: bersemangat, kasih sayang, sebagai pelindung, berani, jiwa yang humor, dan kesungguhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:37
Last Modified: 28 Jul 2023 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25367

Actions (login required)

View Item View Item