Penerapan Strategi Show and Tell pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara.

Umam, Ahmad Rofiqul (2023) Penerapan Strategi Show and Tell pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190124_AHMAD ROFIQUL UMAM_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Umam, Ahmad Rofiqul. 2023. Penerapan Strategi Show and Tell pada Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Skripsi Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Ilmu Pengetahuan Sosial
Keterampilan berbicara merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran.
Permasalahan yang ditemukan di siswa MI Ma’arif Ngrupit khususnya kelas IV masih
banyak siswa yang kesulitan berbicara, malu ketika dimintai maupun pendapat ketika
pembelajaran dan kurang fokus. Hal tersebut disebabkan karena guru hanya menggunakan
metode pembelajaran konvensional sehingga peserta didik kurang tertarik selama proses
pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi show and tell
dalam meningkatkan keterampilan berbicara. (2) bagaimana peningkatan keterampilan
berbicara dengan strategi show and tell pada pembelajaran IPS.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek yang diteliti adalah kelas IV MI Ma’arif
Ngrupit dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan tes, observasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan strategi show and tell terlaksana
dengan baik ditunjukan dari siklus satu tingkat persentase 89% pada siklus dua persentase
mencapai 96%. (2) adanya peningakatan keterampilan berbicara siswa dari 46,5% pada pra
siklus siklus menjadi 63% pada siklus satu dan terjadi peningkatan dari 63 % menjadi 77%
pada pada siklus dua. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan strategi
show and tell sudah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara
siswa MI Ma’arif ngrupit.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:40
Last Modified: 27 Jul 2023 03:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25365

Actions (login required)

View Item View Item