Mukarrom, Ashif (2023) Penerapan model Everyone Is a teacher here dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat pada mata pelajaran bahasa indonesia peserta didik kelas 5 di MI Darul Ulum Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
203190128_ASHIF MUKARROM_PGMI_230723_122434.pdf Download (750kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mukarrom, Ashif. 2023. Penerapan Model Everyone is a teacher here Dalam
Meningkatkan Keterampilan Mnegemukakan Pendapat Pada Mapel
Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V Di MI Darul Ulum Dolopo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing,
Dr Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I
Kata Kunci: Model Everyone is a teacher here, Keterampilan Mengemukakan
Pendapat, Bahasa Indonesia.
Keterampilan mengemukakan pendapat merupakan hal yang sangat penting
dalam pembelajaran. Permasalahan yang terjadi banyak peserta didik yang belum
berani untuk mengemukakan pendapat ketika pembelajaran. Hal tersebut
disebabkan karena guru hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional
sehingga peserta didik kurang tertarik untuk berpendapat di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model everyone is
a teacher here dapat meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat peserta
didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Darul Ulum Dolopo. (2)
hasil model everyone is a teacher here dapat meningkatkan keterampilan
mengemukakan pendapat peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas
V MI Darul Ulum Dolopo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap
siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi
dan refleksi. Sedangkan teknik analisis data dengan melakukan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model everyone is a
teacher heree dapat meningkatkan proses belajar terbukti pada siklus I
menunjukkan tingkat keterampilan mengemukakan pendapat dengan jumlah 169
atau tingkat persentase sebesar 66%. Pada siklus II menunjukkan akumulasi tingkat
keterampilan mengemukakan pendapat dengan jumlah 206 atau tingkat persentase
mencapai 80%. Sehingga penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil pada siklus
II dan tidak perlu dilakukan penelitian pada siklus selanjutnya. Penerapan model
everyone is a teacher heree dapat meningkatkan hasil belajar pada ketrampilan
mengemukakan pendapat mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Darul Ulum
Dolopo. Terbukti pada siklus I mencapai 169 atau tingkat persentase sebesar 66%
yang belum memenuhi KKM. Sedangkan pada siklus II mencapai 206 atau tingkat
persentase mencapai 80% yang sudah memenuhi KKM diatas 70%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Elfi Yuliani Rochmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:42 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:42 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25360 |
Actions (login required)
View Item |