Strategi Dakwah Kiai dalam Membentuk Sikap Kepedulian Sosial dan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman, Siman, Ponorogo

Arifin, Muhammad Bustanul (2023) Strategi Dakwah Kiai dalam Membentuk Sikap Kepedulian Sosial dan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman, Siman, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190169_Muhammad Bustanul Arifin_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arifin, Muhammad Bustanul. 2023. Strategi Dakwah Kiai Dalam Membentuk Kepedulian Sosial dan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman, Siman, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.
Kata Kunci : Strategi Dakwah Kiai, Kepedulian Sosial, Kemandirian Santri.

Problematika karakter kepedulian sosial dan kemandirian saat ini menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk diatasi. Pada zaman modern seperti sekarang ini manusia mudah terpengaruh oleh kemajuan teknologi dan informasi. Apabila tidak segera dicegah maka akan merusak karakter seseorang. Upaya untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan kehadiran seorang Kiai dalam sebuah pesantren. Seorang kiai dapat mengatasi problematika kepedulian sosial dan kemandirian dengan menyusun strategi dakwah. Tujuan penyusunan strategi dakwah tersebut agar santri dapat memahami makna kepedulian sosial dan kemandirian sebagai bekal kehidupannya dalam masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Strategi dakwah Kiai dalam membentuk kepedulian sosial dan kemandirian santri di Pondok Pesantren Al-Barokah (2) Faktor penghambat dan pendukung strategi dakwah Kiai (3) Implikasi strategi dakwah Kiai dalam membentuk kepedulian sosial dan kemandirian santri di Pondok Pesantren Al-Barokah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan model analisis Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dengan penarikan kesimpulan atau conclution.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Strategi dakwah yang disusun oleh Kiai di Pondok Pesantren Al-Barokah menggunakan tiga strategi yaitu a) Strategi tilawah, yang menekan pada aspek panca indra yang diterapkan pada pembelajaran kitab kuning atu ngaji wekton setiap setelah subuh dan setelah ashar dan juga dengan keteladanan Kiai, b) Strategi tazkiyah, yang menekan pada aspek penyucian jiwa yang diterapkan pada kajian-kajian dalam kegiatan pembacaan manaqib setiap malam sabtu legi, c) Strategi ta’lim, menggunakan kurikulum yang tersusun yang diterapkan pada pembelajaran madrasah diniyah setiap malam minggu sesuai jadwal yang sudah disusun. (2) Faktor penghambat strategi dakwah KH. Imam Suyono di Pondok Pesantren Al-Barokah adalah perbedaan latar belakang obyek dakwah, keterbatasan waktu dalam penyusunan strategi dakwah, beberapa objek dakwah yang mudah bosan hingga mengantuk, objek dakwah yang tidak mengikuti kegiatan dakwah dari awal, dan objek dakwah yang tidak pasti jumlahnya. Sedangkan faktor pendukung strategi dakwah KH. Imam Suyono di Pondok Pesantren Al-Barokah adalah loyalitas dan tanggung jawab dari Kiai sendiri, komitmen Kiai yang konsisten untuk selalu berdakwah, fasilitas tempat kegiatan dakwah yang memadai dan nyaman. (3) Implikasi strategi dakwah dalam membentuk kepedulian sosial ditunjukkan dalam tiga jenis a) kepedulian sosial yang berlangsung suka maupun duka yang merupakan implikasi dari strategi tilawah dan ta’lim , b) kepedulian pribadi dan bersama yang merupakan implikasi dari strategi tilawah dan ta’lim, c) kepedulian yang sering lebih mendesak juga merupakan implikasi dari strategi tilawah dan ta’lim. Implikasi strategi dakwah dalam membentuk sikap kemandirian santri terlihat dari tiga aspek, yaitu : a) aspek emosi, hal ini ditunjukkan dengan santri yang mampu mengontrol emosi diri sendiri dengan baik yang merupakan implikasi dari strategi tazkiyah. b) aspek perilaku, hal ini ditunjukkan dengan menghormati teman yang lebih tua dan memiliki adab budi pekerti yang baik yang merupakan implikasi dari strategi tilawah yang berupa keteladanan dari Kiai, dan c) aspek nilai, hal ini ditunjukkan dengan santri yang secara mendiri sudah mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Hal tersebut merupakan implikasi dari strategi ta’lim yang dilakukan oleh Kiai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:37
Last Modified: 20 Jul 2023 05:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25348

Actions (login required)

View Item View Item