Analisis Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual ditinjau dari Perbedaan Gender pada Kelas V di SDN Wilangan Sambit Ponorogo

Maghfiroh, Lailatul (2023) Analisis Kemampuan Spasial dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual ditinjau dari Perbedaan Gender pada Kelas V di SDN Wilangan Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190155_Lailatul Maghfiroh_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Maghfiroh, Lailatul. 2023. Analisis Kemampuan Spasial
dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual
ditinjau dari Perbedaan Gender pada Kelas V di
SDN Wilangan Sambit Ponorogo. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik,
M. Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Spasial, Masalah Kontekstual,
Gender.
Kemampuan spasial merupakan kemampuan
manusia untuk berpikir melalui transformasi gambar
mental. Sehingga kemampuan ini perlu dimiliki siswa
agar dapat membayangkan objek-objek dalam bidang
maupun ruang dan mampu memanipulasi di dalam
pikirannya secara tepat dan akurat. Rendahnya
kemampuan spasial juga terjadi di SDN Wilangan Sambit
Ponorogo, yaitu terdapat siswa yang belum mampu
menerjemahkan atau membayangkan soal yang diberikan,
belum mampu mencari hubungan dalam pertanyaan yang
ditanyakan, dikarenakan kemampuan berpikir siswa
masih rendah. Pengembangan kemampuan spasial dalam
menyelesaikan masalah kontekstual ini dapat membekali
siswa agar dapat berfikir logis, analitis, sistematis, kritis
dan kreatif.
Penelitian ini bertujuan untuk; 1)
Mendeskripsikan kemampuan spasial siswa dalam
menyelesaikan masalah kontekstual yang ditinjau
berdasarkan perbedaan gender; 2) Melihat perbedaan
kemampuan spasial laki-laki dan perempuan; serta 3)
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
kemampuan spasial siswa kelas V di SDN Wilangan
Sambit Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa dari 18
siswa kelas V, dengan ketentuan 4 subjek bergender laki￾laki dan 4 subjek bergender perempuan. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan
spasial masalah kontekstual dan wawancara. Teknis
analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
kemampuan spasial visualization subjek laki-laki dan
subjek perempuan memiliki kemampuan yang sama
ditunjukkan dari subjek mampu membayangkan,
menggambarkan menyebutkan nama dari bangun ruang
yang dimaksud pada tes kemampuan spasial masalah
kontekstual tersebut. Sedangkan dalam menyelesaikan
masalah yang terkait dengan spasial orientation dan
spasial relation subjek laki-laki lebih dominan
menggunakan kemampuan spasialnya dibandingkan
subjek perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:21
Last Modified: 20 Jul 2023 05:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25346

Actions (login required)

View Item View Item