Umam, Ahmad Rofiqul (2023) (GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI EHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN,TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG).. GUNAKANPenerapan Strategi Show and Tell pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
Skripsi Ahmad Rofiqul Umam.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Umam, Ahmad Rofiqul. 2023. Penerapan Strategi Show and Tell pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.Kata Kunci: Strategi Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Ilmu Pengetahuan Sosial
Keterampilan berbicara merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan di siswa MI Ma‟arif Ngrupit khususnya kelas IV masih banyak siswa yang kesulitan berbicara, malu ketika dimintai maupun pendapat ketika pembelajaran
dan kurang fokus. Hal tersebut disebabkan karena guru
hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional
sehingga peserta didik kurang tertarik selama proses
pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mendeskripsikan penerapan strategi show and tell dalam meningkatkan keterampilan berbicara. (2) bagaimanapeningkatan keterampilan berbicara dengan strategi show and tell pada pembelajaran IPS.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek yang diteliti adalah kelas IV MI Ma‟arif Ngrupit dengan jumlah
siswa sebanyak 26 orang. Data penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi yang
kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan
strategi show and tell terlaksana dengan baik ditunjukan dari siklus satu tingkat persentase 89% pada siklus duapersentase mencapai 96%. (2) adanya peningakatanketerampilan berbicara siswa dari 46,5% pada pra siklussiklus menjadi 63% pada siklus satu dan terjadi peningkatan dari 63 % menjadi 77% pada pada siklus dua. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan strategi show and tell sudah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa MI Ma‟arif ngrupit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Restu Yulia Hidayatul Umah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 05:18 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 05:18 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25345 |
Actions (login required)
View Item |