Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe IOC terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran PAI SMA Negeri 1 Balong Tahun Ajaran 2022/2023

Al Jury, Zain Nahar (2023) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe IOC terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran PAI SMA Negeri 1 Balong Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190301_ZAIN NAHAR AL JURY_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Al Jury, Zain Nahar. 2023. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe IOC terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran PAI SMA Negeri 1 Balong Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ali, M.Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe IOC, keaktifan siswa, pembelajaran PAI.
Salah satu indikator suatu pengajaran dikatakan berhasil dilihat dari tingkat aktifitas belajar siswa, semakin tinggi akitifitas siswa semakin tinggi pula peluang keberhasilan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mempunyai ciri khas berupa system pembagian peserta didik kedalam beberapa kelompok belajar kecil. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi peserta didik sehingga dapat saling berbagi pengetahuan dan informasi, serta setiap peserta didik mendapatkan kesempatan untuk melakukan kerja sama dalam kelompok kecil tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe IOC terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Balong tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Sampel diambil dari siswa SMA Negeri 1 Balong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi, dengan instrument pengumpulan data berupa angket keaktifan siswa. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan rumus independent sample t-test dengan berbantu program SPSS versi 25.
Hasil analisis data dengan jelas menujukkan bahwa kelas eksperimen yang pelaksanaan pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe IOC memiliki skor keaktifan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang pelaksanaan pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil keputusan tersebut sekaligus membuktikan bahwa teori yang melandasi sesuai dengan realita pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:15
Last Modified: 20 Jul 2023 05:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25343

Actions (login required)

View Item View Item