Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih (Studi Kasus di MA Ma'arif Al-Mukarrom)

Permatasari, Dyah Putri (2023) Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih (Studi Kasus di MA Ma'arif Al-Mukarrom). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190067_DYAH PUTRI PERMATASARI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Permatasari, Dyah Putri. 2023. Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih (Studi Kasus di MA Ma'arif Al-Mukarrom). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I
Kata Kunci: Gaya belajar, Problematika Pembelajaran, Solusi.
Saat melaksanakan proses belajar mengajar, pastinya terdapat berbagai problematika yang dialami setiap siswa. Dengan adanya problematika yang ada, guru harus bisa menerapkan berbagai strategi belajar dalam meningkatkan pemahaman masing-masig siswa dalam mata pelajaran Fikih yang bervariasi dengan menerapkan gaya belajar apa yang diminati oleh setiap siswa. Diantara gaya belajar yang diterapkan guru fikih yaitu visual, auditori dan kinestetik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami (1) Klasifikasi gaya belajar pada mata pelajaran fikih siswa di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo, (2) Mendeskripsikan problematika pembelajaran dengan gaya belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo, (3) Solusi alternatif yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fikih dalam mengatasi problematika gaya belajar di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Studi Kasus (case study). Penelitian ini berfokus pada studi kasus tentang problematika gaya belajar kelas XII IPS di MA MA’arif Al-Mukarrom Kauman. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan konsep dari Miles, dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Macam-macam gaya belajar yang diterapkan oleh guru fikih di MA Ma'arif Al-Mukarrom Kauman yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Dari hasil angket yang didapatkan di kelas XII IPS MA MA’arif Al-Mukarrom Kauman yang sering menggunakan gaya belajar visual yaitu 35%. Siswa yang sering menggunakan gaya belajar auditorial yaitu 31,5% dan terdapat 34% siswa yang sering menggunakan gaya belajar kinestetik. (2) Problematika yang ada pada kelas XII IPS Al-Mukarrom Kauman diantaranya adalah pada setiap diantaranya banyak yang tidak memperhatikan disaat guru mata pelajaran fikih menerangkan pelajaran, banyak yang asik berbicara bersama temannya dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan guru tidak menerapkan gaya belajar yang mereka cenderungi sehingga mereka bosan untuk mengikuti dan memperhatikan ketika pembelajaran berlangsung. (3) Solusi yang dilakukan oleh guru fikih untuk mengatasi problematika yang ada pada kelas XII IPS MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman diantaranya adalah menerapkan macam-macam gaya belajar mulai dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Pada saat siswa mulai tidak memperhatikan dan bosan guru segera mengganti gaya belajar yang cocok agar siswa kembali bersemangat dan memperhatikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:09
Last Modified: 20 Jul 2023 05:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25342

Actions (login required)

View Item View Item