Implementasi Konsep Tasamuh Dalam Hubungan Antar Umat Beragama Di Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo

Suryani, Mei (2023) Implementasi Konsep Tasamuh Dalam Hubungan Antar Umat Beragama Di Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210316321_Mei Suryani_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suryani, Mei. 2023. Implementasi Konsep Tasamuh dalam Hubungan Antar Umat Beragama Di Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I.

Kata Kunci: Implementasi, Tasamuh Umat Beragama.
Pada dasarnya manusia sebagai makhluk beragama mendambakan kedamaian. Islam hadir sebagai agama yang menjunjung tinggi nilai perdamaian dan kerukunan. Islam menawarkan konsep toleransi terhadap perbedaan yang disebut dengan tasamuh. Tasamuh (toleransi) dalam kehidupan beragama harus dipahami sebagai bentuk pengakuan akan adanya agama lain dengan segala bentuk sistem dan tata cara peribadatannya, serta memberikan kebebasan untuk menjalankan keyakinan masingmasing tanpa harus bertabrakan dalam kehidupan sosial. Berkaitan dengan tasamuh antar umat beragama yang ada di Desa Klepu telah diterapkan sejak dulu dan terus berlanjut hingga saat ini. Umat muslim dan nonmuslim di Desa Klepu sangat menjunjung tinggi tasamuh di dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi 1) bentuk-bentuk tasamuh antar umat beragama di Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. 2) faktor yang mendukung masyarakat dalam menjunjung tinggi tasamuh di esa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo? 3) implikasi implementasi tasamuh pada harmonisasi beragama warga di Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengambil konsepnya Miles dan Huberman yang berisi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk tasamuh antar umat beragama di Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo yaitu, masyarakat mampu membangun kesadaran berbagi dan saling membantu tanpa mencampuradukkan ajaran agama masing-masing, sehingga tidak terjadi pengaburan keyakinan agama. Seperti halnya ikut serta dalam tradisi dari masing-masing umat beragama seperti perayaan Natal dan Idul Fitri, ketika umat muslim melaksanakan shalat Idul fitri di lapangan para pemuda Katolik berjaga-jaga disekitar rumah yang ditinggalkan, menghadiri acara genduri dengan tata cara berdoa sesuai ajaran agama masing-masing, ikut serta dalam pelaksanakan upacara kematian sesuai dengan syariat dan ajaran agama masing-masing. 2) Faktor yang mendukung masyarakat dalam menjunjung tinggi tasamuh di Desa Klepu kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo yaitu hal utama ada pada kesadaran diri sendiri bahwa setiap perbedaan yang ada sudah semestinya diterima dan diakui keberadaannya sebagai ketetapan yang ada. Faktor selanjutnya berupa pendidikan dan ajaran dari orang tua sejak anak itu masih kecil. Mereka dibina dan diberi pengertian terkait perbedaan yang ada di kehidupan bermasyarakat di Desa Klepu. 3) Implikasi implementasi tasamuh pada harmonisasi beragama warga di Desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo yaitu penerapan tasamuh di Desa Klepu dimulai dari anggota keluarga. Jika di dalam sebuah keluarga sikap tasamuh telah dilakukan maka akan terwujud keluarga yang keharmonisan tentram. Penerapan tasamuh selanjutnya dalam kehidupan bermasyarakat. Menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada di lingkungan masyarakat, seperti perbedaan menganut agama sesuai dengan kepercayaannya masing-masing. Dampak yang dapat dirasakan masyarakat Desa Klepu ketika saling bertoleransi yaitu hidup berdampingan terasa damai dan tentram meski dengan perbedaan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:20
Last Modified: 14 Jul 2023 08:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25330

Actions (login required)

View Item View Item