Pembelajaran Pada Siswa Tunarungu Di Sekokah Inklusi SDN Sukowinangun 2 Magetan

Hikmawati, Afifah Nur (2023) Pembelajaran Pada Siswa Tunarungu Di Sekokah Inklusi SDN Sukowinangun 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190197_AFIFAH NUR H_SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Hikmawati, Afifah Nur. 2023. Pembelajaran pada siswa tunarungu di Sekolah Inklusi SDN Sukowinangun 2 Magetan.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ika Rusdiana, MA
Kata Kunci: Pembelajaran, Tunarungu, Inklusi.

Komunikasi sangat penting bagi keberadaan manusia, komunikasi tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja akan tetapi juga diperlukan untuk anak-anak usia dini untuk berinteraksi pada saat sekolah maupun kehidupan sehari-hari. Kemampuan Komunikasi Anak Tunarungu menggunakan komunikasi (oral) dan manual (isyarat). Kedua komunikasi tersebut sangat penting bagi siswa tunarungu karena berperan timbal balik, saling melengkapi dan sulit dipisahkan pada saat komunikasi berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan kemampuan komunikasi oral dan manual siswa tunarungu di Sekolah Inklusi SDN Sukowinangun 2 Magetan. (2) menjelaskan pendidikan siswa tunarungu di Sekolah Inklusi SDN Sukowinangun 2 Magetan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana peneliti akan menggunakan latar belakang alami sebagai sumber data langsung dan peneliti sendiri merupakan instrumen kunci dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukowinangun 2 Magetan dengan menggunakan Teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis data Miles and Huberman dengan Langkah Langkah pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Komuniasi oral pada TR berjalan dengan baik karena TR dibantu dengan adanya alat bantu dengar sehingga memudahkan dalam berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Hal demikian menjadi amat prinsip, oleh karena itu dengan penekanan pada segi oral diharapkan anak dapat berkomunikasi sewajar mungkin, dengan memperkecil rendah diri, takut dan sebagainya. Sedangkan komunikasi manual yang digunakan TR digunakan untuk membantu pada saat TR kesulitan dalam menangkap informasi dari lawan bicaranya, (2) Pendidikan siswa tunarungu di sekolah Inklsui SDN Sukowinangun 2 Magetan yaitu pendidikan Inklusi. Karena dengan adanya pendidikan inklusi dapat mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang menghargai perbedaan terhadap semua peserta didik. Selain itu juga dengan adanya pendidikan inklusi yang akan mencampurkan anak-anak berkebutuhan khusus dengan anak normal diharapkan anak berkebutuhan khusus bisa bersosialisasi dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:18
Last Modified: 14 Jul 2023 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25314

Actions (login required)

View Item View Item