Implementasi Kegiatan Baca Tulis AL-Qur'an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SMPN 5 Ponorogo

Dewi, Eka Nurmalia (2023) Implementasi Kegiatan Baca Tulis AL-Qur'an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SMPN 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190350 EKA NURMALIA DEWI PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewi, Eka Nurmalia. 2023. Implementasi Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMPN 5 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Mugniatul Ilma, M.H.

Kata Kunci: Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan firman Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai pedoman bagi kaum muslim. Membaca Al-Qur’an dengan niat ikhlas dan maksud baik adalah suatu ibadah yang karenanya seorang muslim mendapatkan pahala. Oleh karena itu, kemampuan membaca Al-Qur’an sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang yang beragama Islam. Mengajarkan ilmu Al-Qur’an pada anak sejak dini merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang tua. Selain peran orang tua, sekolah juga berperan dalam pengajaran ilmu Al-Qur’an pada anak. Salah satu upaya yang dilakukan sekolah dalam mengajarkan ilmu Al-Qur’an pada anak adalah melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an. Untuk itu SMP Negeri 5 Ponorogo berupaya mengajarkan dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan mengadakan kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an, (3) capaian perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 5 Ponorogo.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain siswa, guru pengajar, guru pembimbing sekaligus guru Pendidikan Agama Islam, dan wakasek kurikulum. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan pemanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada pelaksanaan kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an ini meliputi tahapan awal berupa pengulangan materi, tahapan inti berupa penyampaian materi, dan yang terakhir tahapan penilaian dan tindak lanjut berupa penilaian kenaikan tingkat dan apresiasi melalui wisuda tahfidz. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa berupa faktor internal seperti kesehatan fisik, bakat, minat, motivasi, dan intelegensi atau kecerdasan. Kemudian faktor eksternal yaitu lingkungan sekolah berupa sarana dan prasarana yang memadai, guru yang berkompeten, adanya program tahfidz, adanya dukungan dari wali siswa, lingkungan keluarga berupa dukungan intensitas belajar dan perhatian orang tua, dan lingkungan masyarakat berupa dukungan dari PERBUP No 37 Tahun 2022. (3) pada capaian perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an terdapat peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu diantaranya siswa menjadi semakin lancar dan tepat dalam membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:53
Last Modified: 13 Jul 2023 03:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25312

Actions (login required)

View Item View Item