(kesediaan publikasi blm ada..judul memakai huruf kecil semua, upload ulang)..IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DALAM MENUMBUHKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMK PEMBANGUNAN PACITAN

Sulistiani, Indah (2023) (kesediaan publikasi blm ada..judul memakai huruf kecil semua, upload ulang)..IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DALAM MENUMBUHKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMK PEMBANGUNAN PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI_INDAH_201190105[1]_3.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini banyaknya kasus penurunan akhlak yang terjadi, contoh kasusnya seperti maraknya anak bolos sekolah dengan alasan yang tidak logis seperti bangun kesiangan karena mereka terlalu larut dalam bermain game. Setelah melihat kasus tersebut maka banyak sekali pihak yang kemudian berupaya semaksimal mungkin mulai dari lembaga formal maupun dari lembaga informal yang berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membentuk akhlakul karimah khususnya pada siswa, salah satunya adalah SMK Pembangunan Pacitan. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan melaksanakan pembiasaan asmaul husna.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan membaca asmaul husna dalam menumbuhkan akhlakul karimah siswa di SMK Pembangunan Pacitan, (2) mengungkap faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembiasaan membaca asmaul husna dalam menumbuhkan akhlakul karimah siswa di SMK Pembangunan Pacitan. (3) mendeskripsikan dampak dari pembiasaan membaca asmaul husna dalam menumbuhkan akhlakul karimah siswa di SMK Pembangunan Pacitan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan jenis penelitian deskriptif dan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi reduksi data, kondensasi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembiasaan membaca asmaul husna sudah berjalan baik. Dari pelaksanaan pembiasaan ini sudah tampak adanya perubahan akhlak siswa yang semula masih kurang baik kini sedikit demi sedikit sudah menunjukkan akhlak yang baik terhadap guru, terhadap Allah SWT, dan terhadap lingkungan sekitar; (2) Faktor pendukungnya sarana yang memadai dan kesadaran siswa akan pentingnya melakukan pembiasaan yang baik, faktor penghambatnya adanya kendala fasilitas yang digunakan dan masih saja ada anak yang masih mengabaikan pelaksanaan ini; (3) Dampak dari pembiasaan ini anak-anak sudah mulai sering melaksanakan kegiatan agama untuk mengisi waktu luangnya seperti membaca Qur’an dan kegiatan agama lainnya. Kemudian mereka juga mrnunjukkan akhlaknya terhadap lingkungan sekitar seperti, merawat lingkungan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Pembiasaan, Asmaul Husna, Akhlakul Karimah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:09
Last Modified: 11 Jul 2023 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25298

Actions (login required)

View Item View Item