Upaya Peningkatan Kreativitas Santri Melalui Komunitas Minat Bakat di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo

Mahmudah, Dewi Nur (2023) Upaya Peningkatan Kreativitas Santri Melalui Komunitas Minat Bakat di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI DEWI NUR MAHMUDAH_201190056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang pada dasarnya memfokuskan diri untuk mengajarkan ilmu agama kepada santri. Namun, perkembangan yang semakin pesat menuntut santri untuk melakukan akselerasi dan transformasi sehingga mampu menghadapi perubahan yang bergerak terus-menerus. Jika dahulu santri identik dengan mempelajari ilmu agama saja, maka saat ini lulusan pondok pesantren diharapkan dapat banyak berkontribusi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Untuk itu pondok pesantren tidak hanya mengembangkan pendidikan keagamaan semata, tetapi juga mengembangkan pembinaan mental dan sikap seorang santri untuk hidup mandiri, meningkatkan kreativitas dan berjiwa entrepreneurship. Pada kenyataannya, banyak dari sekian pondok pesantren yang sudah berkembang tetapi belum dapat meningkatkan kreativitas dan minat bakat pada santri. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya ahli dan fasilitas yang memadai sehingga kreativitas minat bakat santri belum bisa dikembangkan dan tersalurkan dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan komunitas minat bakat di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. 2) Untuk mengetahui implikasi kegiatan komunitas minat bakat terhadap kreativitas santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan kreativitas santri melalui kegiatan komunitas minat bakat di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kemudian, teknik dalam analisis data yaitu menggunakan analisis model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: kondensasi data (data condensation), tampilan data (data display), dan penarikan kesimpulan (cunclision drawing/verification).
Dari hasil penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Pada kegiatan komunitas minat bakat terdapat 4 macam komunitas yaitu komunitas kesenian, kewirausahaan, public speaking, dan DCM (Darussalam Crew Media). Dan didalamnya terdapat kegiatan seperti, hadroh, tari sufi, paduan suara dan qira’ah dan muhadharah. Pelaksanaan komunitas minat bakat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh ketua penyelenggara yakni serentak dilaksanakan pada hari sabtu mulai pukul 09.00-11.00 WIB, 2) Implikasi komunitas minat bakat terhadap peningkatan kreativitas santri yaitu keikutsertaan santri dalam mengikuti perlombaan-perlombaan yang di diadakan pondok maupun luar pondok, apa yang sudah dipelajari dapat diterapkan di luar pondok termasuk bagi santri yang sudah menjadi alumni, 3) Faktor pendukungnya yaitu adanya motivasi dari abah yai, mudahnya mengatur santri, dan tersedianya sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tempat yang kurang kondisional, berbenturan dengan kegiatan lain, santri kurang disiplin dan susahnya mencari anggota baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:12
Last Modified: 10 Jul 2023 08:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25295

Actions (login required)

View Item View Item