(file kosong silakan upload ulang)..ANALISIS KEMAMPUAN REFLEKSI TERKAIT PENYELESAIAN ISU PERSOALAN LINGKUNGAN (PENCEMARAN UDARA) DI SMPN 1 JIWAN KABUPATEN MADIUN

WIJAYANTI, RELLIE (2023) (file kosong silakan upload ulang)..ANALISIS KEMAMPUAN REFLEKSI TERKAIT PENYELESAIAN ISU PERSOALAN LINGKUNGAN (PENCEMARAN UDARA) DI SMPN 1 JIWAN KABUPATEN MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Wijayanti, Rellie. 2023. Analisis Kemampuan Refleksi Terkait Penyelesaian Isu Persoalan Lingkungan (Pencemaran Udara) Di SMPN 1 Jiwan Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Hanin Niswatul Fauziah, M.Si..

Kata Kunci: Kemampuan refleksi, Persoalan, Pembelajaran IPA
Pembelajaran IPA mengharuskan siswa untuk menanamkan kemampuan refleksi. Kemampuan refleksi berkaitan dengan proses ilmiah serta kenyataan yang sedang terjadi di lingkup lingkungan. Dengan adanya kemampuan refleksi, siswa bisa mengingat seberapa penting kegiatan yang dapat diulang kembali berdasarkan pengalaman-pengalamannya maupun bisa mengingat kembali apa yang sudah diajarkan atau dibimbing oleh guru. Kemampuan refleksi dibutuhkan untuk memecahkan ataupun menyelesaikan persoalan maupun pencarian ide dan mengolah proyek menggunakan pemikiran kritis dan kreatif. Pada kemampuan refleksi siswa akan aktif dalam berfikir kritis, jika persoalan yang sedang dihadapinya itu sulit atau tidak menemukan apa yang terjadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan refleksi siswa berdasarkan penyelesaian isu persoalan lingkungan, (2) faktor penghambat kemampuan refleksi pada siswa di SMPN 1 Jiwan, (3) upaya peningkatan kemampuan refleksi pada siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII E di SMPN 1 Jiwan dan beberapa guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan kesimpulan.
Dalam menyelesaikan persoalan lingkungan, kemampuan refleksi siswa kelas VIII E SMPN 1 Jiwan pada indikator reacting dan indikator elaborating mendapatkan skor kategori tinggi dalam menjawab saat wawancara, sedangkan pada indikator contemplating hanya ada beberapa siswa yang bisa menjawab. Faktor penghambat kemampuan refleksi pada siswa di SMPN 1 Jiwan diantaranya: faktor pengetahuan, faktor percaya diri, dan faktor teknologi (handphone). Dalam ketiga faktor itu yang menyebabkan siswa tidak dapat menyelesaikan persoalan lingkungan dan mengakibatkan proses belajar menjadi turun. Upaya untuk meningkatkan kemampuan refleksi siswa di SMPN 1 Jiwan yaitu memberikan motivasi, pendekatan dan mengubah pola belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:49
Last Modified: 10 Jul 2023 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25289

Actions (login required)

View Item View Item