Upaya Mengoptimalkan Sikap Percaya Diri dan Kemampuan Public Speaking melalui Ekstrakurikuler Rohis di SMPN 2 Ponorogo

Hayati, Tri Wulan (2023) Upaya Mengoptimalkan Sikap Percaya Diri dan Kemampuan Public Speaking melalui Ekstrakurikuler Rohis di SMPN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190281_Tri Wulan hayati_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hayati, Tri Wulan. 2023. Upaya Mengoptimalkan Sikap Percaya Diri dan Kemampuan Public Speaking melalui Ekstrakurikuler Rohis di SMPN 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata Kunci: sikap percaya diri, kemampuan public speaking, ekstrakurikuler Rohis.
Ektrakurikuler Rohis merupakan salah satu upaya sekolah dalam memfasilitasi siswa untuk mengembangkan bakat, minat, dan potensinya tidak lain dengan meningkatkan sikap percaya diri dan kemampuan public speaking siswa. Kepercayaan diri sangatlah dibutuhkan dalam menjalankan semua komponen kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Dalam aplikasinya, kepercayaan diri dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penampilan fisik, status sosial ekonomi, tingkat pendidikan, serta prestasi belajar. Begitupun kemampuan public speaking, sangat diperlukan dalam setiap aspek bahkan tidak hanya dari bidang pendidikan. Kemampuan public speaking dikatakan sangat penting karena untuk menjadi pembicara publik bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan instan, tetapi diperlukan latihan secara berkala.
Terdapat tiga tujuan dalam penelitian ini. Pertama, mendeskripsikan penerapan ekstrakurikuler Rohis di SMPN 2 Ponorogo untuk mengoptimalkan sikap percaya diri dan kemampuan public speaking. Kedua, mendeskripsikan sikap percaya diri dan kemampuan public speaking siswa SMPN 2 Ponorogo setelah mengikuti ekstrakurikuler Rohis. Ketiga, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengoptimalkan sikap percaya diri dan kemampuan public speaking melalui ekstrakurikuler Rohis di SMPN 2 Ponorogo.
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan tahapan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu pertama, penerapan ekstrakurikuler Rohis untuk mengoptimalkankan sikap percaya diri dan kemampuan public speaking siswa, yaitu melalui kegiatan-kegiatan rutin dan tidak rutin yang dilaksanakan. Kegiatan Rohis di SMPN 2 Ponorogo digolongkan menjadi tiga bagian, yakni kegiatan harian, mingguan, dan tahunan. Kegiatan harian, yakni kegiatan tadarus pagi yang dilaksanakan setiap hari sebelum bel masuk berbunyi. Kegiatan mingguan meliputi kegiatan infak Jumat dan kegiatan rapat rutin. Kegiatan tahunan meliputi kegiatan diklat Rohis, zakat, maulid Nabi, dan peringatan hari besar Islam lainnnya. Adapaun kegiatan ekstrakurikuler Rohis yang tidak rutin dilaksanakan adalah kegiatan ta’lim. Kedua, dengan rutin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Rohis, sikap percaya diri dan kemampuan public speaking siswa meningkat. Meskipun tidak ada peningkatan yang signifikan, tetapi sikap percaya diri dan kemampuan public speaking siswa menjadi lebih baik dari sebelum menjadi anggota Rohis dan setelah menjadi anggota Rohis. Ketiga, faktor pendukung upaya mengoptimalkan sikap percaya diri dan kemampuan public speaking siswa melalui ekstrakurikuler Rohis di SMPN 2 Ponorogo adalah pihak sekolah terutama para pembina Rohis yang sangat mendukung dan sarana prasarana sekolah yang memadahi guna keberlangsungan berjalannya kegiatan-kegiatan Rohis. Adapun faktor pengahambat upaya mengoptimalkan sikap percaya diri dan kemampuan public speaking siswa melalui ekstrakurikuler Rohis di SMPN 2 Ponorogo adalah jadwal kegiatan Rohis yang terkadang berbenturan dengan jadwal kegiatan sekolah dan beberapa siswa yang kurang aktif dalam berorganisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:50
Last Modified: 10 Jul 2023 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25288

Actions (login required)

View Item View Item