Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan(studi kasus di SDN. Karya Bakti Desa Maju Mulyo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan)

Amanah, Fadilah siti (2023) Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan(studi kasus di SDN. Karya Bakti Desa Maju Mulyo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
211216024 FADILAH SITI AMAH MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (37MB)

Abstract

Amanah,Fadilah Siti.2023.Peran Komitie Sekolah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan(studi kasus di SDN Karya Bakti Desa Maju Mulyo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan).Manajemen Pendidikan Islam,IAIN PONOROGO. Fata Asyrofi Yahya,M.Pd.I
Kata kunci: komite, mutu pendidikan
Salah satu masalah pendidikan yang dihadapi saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan. Diantaranya pendidikan dasar dan pendidikan menengah. untuk meningkatkan mutu pendidikan suatu lembaga pendidikan maka diperlukan adanya kerjasama dari semua pihak untuk mewujudkannya. Salah satunya ialah kerjasama sekolah dengan komite sekolah, dimana peran komite sekolah bukan hanya sebagai organisasi yang tersusun saja namun perlu adanya berbagai kegiatan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.Dari peran komite sekolah ini diharapkan dapat membantu sekolah meningkatkan mutu pendidikan yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mengetahui bagaimana peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan(advicory agency) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Karya Baktidesa maju Mulyo kecamatan mantewe kabupaten Tanah bumbu Kalimantan Selatan.(2) mengetahui bagaimana peran komite sekolah sebagai pendukung(supporting agency) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Karya Bakti desa Maju Mulyo kecamatan mantewe kabupaten Tanah bumbu Kalimantan Selatan.(3) mengetahui bagaimana peran komite sekolah sebagai pengontrol(controlling agency) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Karya Bakti Desa Maju Mulyo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.(4)Mengetahui keberhasilan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Karya Bakti Desa Maju Mulyo Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode wawancara,observasi,dan dokumentasi.Sedangkan analisis data yang digunakan menggunakan teori milles abd Huberman yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa:(1) peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Karya Bakti sudah dijalankan yang mana komite sekolah memberikan pertimbangan dalam menyusun program sekolah, dukungan orang tua, kualitas pendidikan, kualitas pembelajaran, manajemen sumber daya manusia, kepemimpinan sekolah, kenyamanan sekolah, dan juga komitmen peserta didik.(2) peran komite sekolah sebagai pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Karya Bakti sudah dilaksanakan, bentuk dukungannya ialah berupa sumbangan ide atau gagasan tenaga dan juga pengusahaan pendanaan dengan mendukung berbagai program sekolah.Mendukung partisipasi orang tua, kepemimpinan sekolah peningkatan kualitas pendidikan dan juga kualitas pembelajaran, terciptanya kenyamanan sekolah, manajemen sumber daya manusia yang semakin maju,serta mendukung komitmen peserta didik untuk selalu semangat belajar di sekolah dan bertata krama baik.(3) peran komite sekolah sebagai pengontrol dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Karya Bakti sudah dilaksanakan, dimana komite sekolah melakukan pengontrolan terkait keterlaksanaan program sekolah, mengontrol partisipasi orang tua, mengontrol kualitas pendidikan, mengontrol kualitas pembelajaran, mengontrol kepemimpinan sekolah, mengontrol manajemen sumber daya manusia di sekolah, mengontrol kenyamanan sekolah,dan mengontrol komitmen peserta didik di sekolah.(4) keberhasilan peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Karya Bakti,untuk tingkat keberhasilan dalam taraf sedang yang mana masih perlu adanya pengembangan dan juga peningkatan dalam beberapa aspek agar mutu pendidikannya dapat terus maju dan unggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2023 05:51
Last Modified: 10 Jul 2023 05:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25286

Actions (login required)

View Item View Item