Penerapan Model Pembeljaran Creative Problem Solving (CPS) Melalui Media Flipchart untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo

Nurazizah, Rinda Sofiatul (2023) Penerapan Model Pembeljaran Creative Problem Solving (CPS) Melalui Media Flipchart untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190086-RINDA SOFIATUL NURAZIZAH-PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurazizah, Rinda Sofiatul. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem
Solving (CPS) Melalui Media Flipchart untuk Meningkatkan Minat dan
Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MI Al Kautsar
Durisawo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi, M. Ag.
Kata Kunci: Creative Problem Solving, Flipchart, Minat Belajar, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan minat belajar
siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di Mi Al Kautsar Durisawo
Ponorogo. Hal ini disebabkan karena pembelajaran tidak menerapkan model dan media
pembelajaran yang menarik sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung terdapat
siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, selain itu penyampaian materi
pembelajaran yang monoton yaitu menggunakan metode ceramah dan tidak
mengaplikasikan media, sehingga pembelajaran IPA cenderung membosankan dan
kurang menarik minat para siswa. Maka melihat kenyataan yang demikian, perlu
adanya alternatif dalam melakukan proses pembelajaran diantaranya menerapkan
model pembelajaran Creative Problem Solving melalui media Flipchart yang
diharapkan dapat meningkatkan minat serta hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran
creative problem solving melalui media flipchart pada mata pelajaran IPA di MI Al
Kautsar Durisawo, (2) peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran creative problem solving melalui media flipchart pada mata
pelajaran IPA di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan secara langsung dan bertahap oleh peneliti sebanyak dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas V MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo. yang berjumlah 25 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran
Creative Problem Solving melalui media Flipchart pada mata pelajaran IPA di lihat
dari hasil aktivitas guru. Aktivitas guru mengalami peningkatan si setiap siklusnya.
Pada siklus I memperoleh presentase 67%, dan siklus II mengalami peningkatan yaitu
memperoleh presentase 80%. (2) Adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving melalui media
flipchart pada mata pelajaran ipa di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo, pada siklus I
kategori tinggi 48%, sedang 20%, rendah 32%. Sedangkan pada siklus II minat belajar
siswa mengalami peningkatan menjadi, kategori tinggi 76%, sedang 20%, rendah 4%.
Sedangkan Hasil belajar siswa pada siklus I kategori tuntas sebesar 64%, tidak tuntas
sebesar 36%. dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 25 siswa dengan
presentase 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jul 2023 05:53
Last Modified: 10 Jul 2023 05:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25285

Actions (login required)

View Item View Item