Upaya Guru Kelas dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembiasaan pada Peserta Didik Kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo

Irsyad, Muhammad Fadlli (2023) Upaya Guru Kelas dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembiasaan pada Peserta Didik Kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190072_Muhammad Fadlli Irsyad_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pancasila merupakan ideologi negara Indonesisa. Pancasila merupakan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia. Nila-nilai yang terdapat di dalam Pancasila merupakan cerminan perilaku keseharian masyarakat Indonesia. Oleh karena itu pengamalan nilai-nilai Pancasila harus selalu dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari. Namun berdasarkan pengamatan penerapan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo belum terlaksana dengan maksimal. Akan tetapi perlu diketahui, sekolah mempunyai solusi yang jitu dalam mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan melaksanakan tahapan tahapan penanaman nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu dengan penerapan nilai-nilai Pancasila yang belum maksimal sekolah melaksanakan tahapan penanaman nilai-nilai Pancasila supaya penerapan nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan oleh peserta didik dengan maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui upaya guru dalam menaman nilai-nilai Pancasila peserta didik kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo. (2) mengetahui faktor penduung dan faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila peserta didik kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo. (3) mengetahui dampak penanaman nilai-nilai Pancasila pada kelas V SDN Joresan Mlarak Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar wawancara kepada kepala sekolah, guru kelas V, dan peserta didik kelas V serta lembar observasi mengenai upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan,
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa (1) guru melakukan upaya penanaman nilai nilai Pancasila dengan kegiatan sehari-hari peserta didik secara eksternal dan internal. Secara eksternal yakni sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah belajar, bertegur sapa dengan teman, berjabar tangan dengan guru, menyanyikan lagu Indonesia raya, melafalkan Pancasila, belajar kelompok, bermusyawarah, bekerja bakti, dan membantu teman yang sedang terkena musibah. Sedangkan secara internal bertoleransi dalam beragama, tidak membeda bedakan teman, mentaati peraturan sekolah, menghargai sesama teman, dan menghormati guru. (2) faktor pendukung yakni orang tua, guru, serta sanksi dan edukasi. Sedangkan faktor penghambat yakni sifat kekanak kanakan dan kurangnya kesadaran peserta didik terhadap penerapan nilai-nilai Pancasila. (3) Dampak pelaksanaan pembiasaan kegiatan sehari-hari ialah peserta didik menjadi terpupuk nilai religius, nasionalisme, kemandirian, dan integritasnya, serta bersikap sopan dan santun kepada guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:19
Last Modified: 07 Jul 2023 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25281

Actions (login required)

View Item View Item