PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE SISWA KELAS 4 SDN 02 TONATAN PONOROGO

PUTRI, YESSI NAMIRA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE SISWA KELAS 4 SDN 02 TONATAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190118_YESSI NAMIRA PUTRI_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putri, Yessi Namira, 2023. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Model Pembelajaran Concept Sentence Siswa Kelas 4 SDN 02 Tonatan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Anis Afifah M.Pd.

Kata Kunci : Concept Sentence, kemampuan menulis puisi, siswa kelas 4

Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima serta penyusunan larik dan bait. Puisi juga diartikan sebagai gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat. Dalam penulisan puisi, bahasa menjadi kunci dalam indah atau tidaknya suatu puisi. Hal ini disebabkan karena puisi dibuat secara imajinatif dan disusun dengan semua kekuatan bahasa dalam pengkonsentrasian struktur fisik maupun batin. Pembelajaran bahasa sangat penting untuk dalam penulisan puisi sebab untuk dapat menulis puisi diharuskan untuk belajar tatabahasa dan mengetahui teori-teori dari puisi tersebut. Selain itu diharuskan juga untuk sering membaca karya orang lain dahulu sebagai bagian dari apresiasi karya sastra. Dengan begitu maka proses menulis puisi pun dapat berjalan dengan baik.
Berdasarkan paparan diatas, penelitian ini mengangkat permasalahan kemampuan menulis anak masih rendah hal ini di dasari dengan adanya beberapa anak belum bisa menulis puisi dengan baik dan benar. Selain dari siswa, faktor inovasi guru dalam melaksanakan pembelajaran juga dianggap kurang karena dalam proses belajar hanya menekankan untuk membuat puisi sesuai imajinasi tanpa menekankan pentingnya literasi puisi dan motivasi belajar. Sehingga kualitas pembelajaran mengenai puisi tidak mengalami peningkatan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan Siklus II. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 02 Tonatan Ponorogo. Tiap siklus terdiri atas perencanaan,tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Pengambilan data yang digunakan beripa observasi, jurnal, wawancara dan dokumentasi.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan menulis puisi dari siklus 1 ke siklus 2 di mana nilai rata-rata siklus I sebesar 56,2 dan siklus II 87,7. Pembelajaran dengan model pendekatan concept sentence dapat merubah perilaku siswa menjadi lebih positif. Peneliti menyarankan agar siswa banyak berlatih menulis puisi sesuai dengan model pembelajaran yang telah di ajarkan oleh guru bahasa Indonesia. Model pendekatan concept sentence dengan media kartu gambar dapat menjadi alternative dalam pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:18
Last Modified: 07 Jul 2023 03:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25280

Actions (login required)

View Item View Item