Pengaruh Media Gambar Kartun Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V MIN 12 Magetan

Nurcahyani, Regita (2023) Pengaruh Media Gambar Kartun Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V MIN 12 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190290_RegitaNurcahyani_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan menulis siswa kelas V MIN 12 Magetan tergolong cukup rendah. Dilihat dari siswa yang kesulitan menemukan ide atau gagasan baru dalam menulis karangan. Selain itu rendahnya tingkat penguasaan kosakata karena siswa kurang minat membaca. Serta keterbatasan media pembelajaran menulis yang efektif sejalan dengan siswa yang mengeluh kegiatan menulis tidak menyenangkan. Media gambar kartun digunakan karena memiliki warna-warna yang mencolok sehingga siswa dapat menarik minat untuk membuat tulisan berdasarkan gambar kartun tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media gambar kartun dalam pembelajaran teks eksplanasi pada siswa kelas V MIN 12 Magetan dan (2) menganalisis pengaruh media gambar kartun terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas V MIN 12 Magetan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk desain one group pretest posttest design. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari siswa kelas VA di MIN 12 Magetan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi menggunakan uji normalitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji T Paired Samples Test.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa pertama, penggunan media gambar kartun cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan pembuka, inti dan penutup. Penggunaan media gambar kartun terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi yaitu dengan mengamati gambar dengan melihat proses terjadinya suatu fenomena. Kedua, Dilihat dari hasil secara deskriptif kemampuan menulis dikategorikan tuntas dengan nilai rata-rata posttest yaitu 74, 56 dan pretest dikatakan belum tuntas dengan rata-rata yaitu 35, 65, sedangkan secara inferensial memperlihatkan pengaruh penggunaan media gambar kartun. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis uji t. Dari hasil analisis diperoleh t_hitung11, 47 dan t_tabel 1,720, maka t_hitung > t_tabel atau 11, 47 > 1,720. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0ditolak dan H_1 diterima. Sehingga Penggunaan media gambar kartun berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas V MIN 12 Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:01
Last Modified: 07 Jul 2023 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25276

Actions (login required)

View Item View Item