Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak PKK Bekiring Pulung Ponorogo

Hasanah, Maulidah Nur (2023) Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak PKK Bekiring Pulung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
205180045_MAULIDAH NUR HASANAH_PIAUD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru pendamping berperan penting dalam pembelajaran Pendidikan anak usia dini hampir setara dengan guru inti. kewajiban guru pendamping dalam proses belajar mengajar di sekolah adalah menjadi teladan bagi anak, membentuk karakter anak agar lebih baik, membantu guru inti dalam menyusun perencanaan pembelajaran, membantu mengelola kelas, membantu setiap perkembangan anak, serta membantu guru inti dalam mengevaluasi pembelajaran. Pelayanan seorang guru pendamping sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas belajar anak di kelas secara keseluruhan. tugas guru pendamping selain membantu juga membimbing, di mana guru pendamping harus bisa mengayomi anak, serta senantiasa siap membantu memberikan penguatan kepada anak serta mengatasi problema yang dihadapi anak dalam bimbingannya. Selain itu tugas guru pendamping juga melakukan penilaian terhadap hasil karya anak dari masing-masing area minat yang mereka selesaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran guru pendamping dalam membantu perencanaan pembelajaran di TK PKK Bekiring Pulung Ponorogo, (2) mendeskripsikan peran guru pendamping dalam pelaksanaan pembelajaran di TK PKK Bekiring Pulung Ponorogo.
Untuk mendeskripsikan pernyataan di atas penelitian ini di rancang dengan rancangan deskriptif dan dilaksanakan di TK PKK Bekiring Pulung Ponorogo. Sumber data dari penelitian ini adalah seorang guru inti dari kelompok A, guru pendamping kelompok A, dan kepala sekolah TK PKK Bekiring Pulung Ponorogo. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu: reduksi data dengan merangkum/meringkas data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi: penyajian data dalam bentuk teks naratif; dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) peran guru pendamping dalam membantu perencanaan pembelajaran di TK PKK Bekiring Pulung Ponorogo yaitu turut serta membuat perencanaan pembelajaran berupa RPPM dan RPPH, menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan, dan melakukan penataan lingkungan kelas sehingga ketika anak memasuki kelas sudah dalam keadaan siap untuk memulai pembelajaran. (2) peran guru pendamping dalam proses pembelajaran di TK PKK Bekiring Pulung Ponorogo sangat membantu efektivitas pembelajaran di dalam kelas. Adanya guru pendamping dapat membantu menciptakan suasana kelas yang kondusif serta dapat membantu anak-anak belajar secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:58
Last Modified: 06 Jul 2023 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25273

Actions (login required)

View Item View Item