STRATEGI KOMUNIKASI TIM SATGAS (SATUAN TUGAS) DALAM MENANGANI PANDEMI COVID-19 DI DESA PANJENG KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Tamami, Muhammad Anwar Tamami (2023) STRATEGI KOMUNIKASI TIM SATGAS (SATUAN TUGAS) DALAM MENANGANI PANDEMI COVID-19 DI DESA PANJENG KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ANWAR TAMAMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Anwar Tamami, Muhammad, 2023. Strategi Komunikasi Tim Satuan Tugas (Satgas) Dalam Menangani Pandemi Covid-19 Di Desa Panjeng Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Andhita Riso Faristiana, M.A.
Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, Tim Satuan Tugas (Satgas), Covid-19, Desa Panjeng
Desa Panjeng Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, merupakan salah satu daerah yang terdampak pandemi Covid-19. Dalam berkomuikasi dengan masyarakat desa Panjeng, Satgas Covid-19 memiliki strategi komunikasi yang efektif dalam melaksanakan proses penanganan pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini berguna untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi satgas Covid-19 dalam menangani pandemi Covid-19 di Desa Panjeng. Dalam penelitian ini, peneliti menggunaka teori strategi komunikasi menurut Mintzberg dan Waters, tentang tahapan strategi komunikasi, yaitu perencanaan strategi komunikasi, pelaksanaan strategi komunikasi, dan evaluasi strategi komunikasi, untuk memaparkan kegiatan komunikasi tim satgas Covid-19 di Desa Panjeng.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian dilapangan, yaitu metode observasi, wawancara , dan dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis data dengan metode reduksi, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan) untuk memperoleh data yang diharapkan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi mengunakan teori Mintzberg dan Waters, tentang tahapan strategi komunikasi, yang dilakukan oleh tim satgas Covid-19 Desa Panjeng, yaitu perencanaan komunikasi, pelaksanaan strategi komnkasi dan evaluasi stratgei komunikasi, mampu memahami pesan yang akan disampaikan agar dapat diterima dengan mudah oleh komunikan. Pemilihan strategi komunikasi yang tepat sasaran berdaasarkan situasi dan keadaan yang sedang berlangsung sehingga satgas Covid-19 di Desa Panjeng dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 secara maksimal.
Berdasarkan strategi komunikasi yang dijalankan oleh Satgas Covid-19 Desa Panjeng, tidak semua menghasilkan sesuatu yang optimal. Satgas mengalami hambatan dalam hal penyampaian pesan edukasi protokol lesehatan terhadap masyarakat yang terlanjur percaya dan tidak percaya dengan adanya pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:24
Last Modified: 05 Jul 2023 04:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25269

Actions (login required)

View Item View Item