Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Minat Membaca al Berzanzi di TPA Masjid Azzumar Nangkas Jogorogo Ngawi

Arbangi, Ma'sum (2023) Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Minat Membaca al Berzanzi di TPA Masjid Azzumar Nangkas Jogorogo Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201180362_MA'SUM ARBANGI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Arbangi, Ma’sum. 2023. Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Minat Membaca al Berzanzi di TPA Masjid Azzumar Nangkas Jogorogo Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. Pembimbing : Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata kunci : Metode Tartil, Minat Membaca, al Berzanzi
Kegiatan membaca al Berzanzi merupakan kegiatan yang sudah menjadi budaya dalam masyarakat, terutama di daerah pedesaan. Namun, semakin hari kegiatan ini semakin memudar karena generasi muda kurang berminat untuk mempelajarinya. Penyebabnya adalah pengaruh dari lingkungan atau gaya hidup yang sudah modern. Selain itu, kurangnya perhatian dan pembelajaran dari generasi tua kepada generasi muda juga menjadi faktor penyebab menurunnya minat dalam membaca al Berzanzi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan apa yang melatarbelakangi diterapkannya metode tartil dalam membaca al Berzanzi di TPA Masjid Azzumar Nangkas Jogorogo; (2) Menjelaskan bagaimana langkah-langkah penerapan metode tartil dalam membaca al Berzanzi di TPA Masjid Azzumar Nangkas Jogorogo; (3) Menjelaskan bagaimana dampak penerapan metode tartil terhadap minat membaca anak-anak dalam membaca al Berzanzi di TPA Masjid Azzumar Nangkas Jogorogo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Langkah-langkahnya yaitu data condensation, data display dan conclusion drawing/verivication dari miles, huberman dan saldana. Lokasi penelitian bertempat di TPA Masjid Azzumar Nangkas Jogorogo Ngawi
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Latar belakang diterapkannya metode tartil dalam membaca al Berzanzi di TPA Masjid Azzumar Nangkas Jogorogo berdasar alasan empiris dan teoritis adalah karena metode tartil memiliki efektivitas yang tinggi dalam membantu siswa memahami pelajaran dengan fasilitas yang minim, serta memiliki dasar teori yang kuat dalam ilmu tajwid; (2) Langkah-langkah penerapan metode tartil dalam pembelajaran membaca al-Berzanzi di TPA Masjid Azzumar Nangkas Jogorogo memiliki tiga tahapan utama: pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. Pada kegiatan pembukaan, sebelum pembelajaran dimulai, guru mengucapkan salam dan membaca al fatihah. Pada kegiatan inti, guru menyampaikan materi pembelajaran membaca al Berzanzi dengan tartil. Pada kegiatan penutup, berdo’a dan guru mengucapkan salam; (3) Dampak penerapan metode tartil dalam pembelajaran Al-Qur'an efektif dalam meningkatkan minat membaca anak-anak. Hal ini dapat terlihat dari: a) Peningkatan semangat dan fokus belajar; b) Peningkatan kesediaan untuk belajar c) Peningkatan kemampuan menghafal, d) serta kesenangan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:41
Last Modified: 05 Jul 2023 04:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25267

Actions (login required)

View Item View Item